Gautam Adani dari India Menggeser Mukesh Ambani Sebagai Miliarder Terkaya di Asia

Gautam Adani Miliarder Terkaya
Gautam Adani menjadi orang terkaya di Asia versi Bloomberg Billionaires Index dengan kekayaan mencapai US$88,5 miliar atau sekitar Rp1.274 triliun. (AFP/SAM PANTHAKY).

DEJAVANEWS.COM – Gautam Adani dari New Delhi, India telah mengambil alih rekan senegaranya Mukesh Ambani sebagai orang terkaya di Asia, merujuk pada daftar Bloomberg Gautam Adani dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia.

Jika dilihat dari kisah hidupnya yang dulu, Adani pernah keluar dari perguruan tinggi dan ia mendirikan Adani Enterprises sebagai eksportir komoditas pada tahun 1988. 

Kemudian, dia berhasil mengembangkan bisnisnya dengan mengelola pelabuhan, pembangkit listrik dan tenaga surya, dan yang lainnya.

Kemudian pada tahun ini pendiri Adani Group yang berusia 59 tahun ini mengendalikan perusahaan mulai dari pelabuhan dan kedirgantaraan hingga energi panas dan batu bara,

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index (peringkat harian dari 500 orang terkaya di dunia) dia memiliki kekayaan bersih $88,5 miliar.

Baca Juga  Syarat dan Cara Daftar Seller Shopee Food

Pandemi ini mengakibatkan perekonomian dari hampir 100 juta orang semakin merosot, hal ini membuat mereka berjuang untuk dapat bertahan hidup.

Namun, di sisi lainnya para miliarder di seluruh dunia, salah satunya Adani telah melihat kekayaannya melambung tinggi selama pandemi. Dengan lonjakan besar ini, ia telah melampaui pengusaha energi ke teknologi India, yaitu Mukesh Ambani, dan menjadi orang terkaya ke-10 di dunia.

Adani Group telah menunjukkan kinerja yang sangat baik di pasar saham India selama pandemi. Saham Adani Enterprises telah melonjak lebih dari 1.000% di Bursa Efek Nasional di Mumbai sejak Juni 2020.

Sebuah tanda bahwa investor optimis dengan kemampuan Adani untuk bertaruh pada sektor-sektor seperti infrastruktur dan energi terbarukan yang merupakan kunci tujuan pembangunan ekonomi Perdana Menteri Narendra Modi.

Baca Juga  8 Cara Sukses Bisnis Jual Beli Online

Ambani yang mengendalikan Reliance Industries (sebuah perusahaan India yang bergerak di bidang energi), sekarang berada di posisi ke-11 Bloomberg dengan kekayaan bersih $87,9 miliar.

Ini bukan satu-satunya pergolakan yang dilihat oleh peringkat miliarder baru-baru ini. Pekan lalu, Meta (FB), perusahaan induk Facebook, melihat keruntuhan bersejarah di pasar sahamnya yang telah menghapus lebih dari $30 miliar kekayaan pribadi Mark Zuckerberg.

CEO dan salah satu pendiri Meta sekarang berada di posisi ke-13 di Bloomberg Billionaires Index.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *