Sport  

Keunikan Sirkuit Mandalika, Kebanggaan Indonesia untuk Superbike dan MotoGp

Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika

DEJAVANEWS.com – Keunikan Sirkuit Mandalika, sirkuit kebanggaan Indonesia untuk ajang balap kelas dunia seperti Superbike dan MotoGp.

Setelah resmi memastikan diri menjadi tuan rumah dalam ajang balapan MotoGP 2021 dan telah terdaftar dalam kalender MotoGP yang dimuat pada situs resmi, Indonesia telah mempersiapkan lintasan yang diberi nama Pertamina Mandalika Internasional Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit yang menghabiskan biaya pembangunan sebesar Rp1,1 Triliun ini memiliki panjang lintasan 4,5 kilometer atau 4.310 meter, sirkuit Mandalika memeiliki luas keseluruhan arena sirkuit sebesar 1.035,67 hektar. Adapun rincian dari sirkuit ini memiliki 17 titik tikungan dengan 6 mengarah ke kiri dan 7 ke arah kanan.

Baca Juga  Sejarah Sepeda Lipat Fnhon yang Menarik, Ayo Check It Out

Sirkuit Mandalika di klaim memiliki keunikan yang tidak bisa ditemui di lokasi sirkuit lainnya. Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Sirkuit MotoGP Mandalika yang sayang untuk dilewatkan.

Diambil Dari Nama Tokoh  Legenda Setempat

Nama Mandalika sendiri diambil dari nama Putri Mandalika, yakni wanita berparas cantik serta sangat menawan.

Setiap tahunnya warga setempat mengadakan upacara adat Bau nyale, yaitu ritual yang dilakukan dengan mencari cacing laut yang konon katanya merupakan jelmaan dari Putri Mandalika.

Sirkuit Pertama di Dunia yang Berkonsep Jalan Raya

Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit pertama yang juga sekaligus diperuntukkan bagi jalan raya. Artiny jika tidak ada balapan yang digelar, masyarakat bisa melintasi arena balapan dan bebas untuk  beraktivitas didalamnya.

Baca Juga  Sejarah Sepeda Lipat Fnhon yang Menarik, Ayo Check It Out

Hal itu ditandai dengan dibangunnya hotel di sekitar venue Mandalika karena dilokasi tersebut juga dijadikan destinasi wisata.

Mengangkat Prekonomian di Sekitar Sirkuit Mandalika

Dengan dibangunnya sirkuit Mandalika, diperkirakan akan membuka lapangan pekerjaan untuk 7.500 orang serta akan menarik wisatawan asing untuk datang ke Indonesia saat ajang balapan berlangsung.

Hal itu akan membuat ekonomi kreatif juga pasti akan berkembang dengan berbagai kerajinan tangan khas Indonesia khususnya Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pembangunan Tidak Sampai Setahun

Pengerjaan Sirkuit Mandalika termasuk yang tercepat. Dimana sirkuit lain biasanya dikerjakan lebih dari setahun misalnya Sepang yang menghabiskan waktu sekitar 2 tahun, Mandalika dirampungkan tak sampai satu tahun lamanya.

Baca Juga  Sejarah Sepeda Lipat Fnhon yang Menarik, Ayo Check It Out

Hal itu dikarenakan pembangunan sirkuit Mandalika sudah menggunakan teknologi terbaru, salah satunya dengan Stone Mastic Asphalt.

Memiliki Kapasitas Penonton Yang Besar

Keunikan lainnya yang sekaligus menjadi kelebihan sirkuit Mandalika adalah diperkirakan mampu menampung penonton lebih dari 200.000 orang.

Itu membuat sirkuit ini termasuk ke dalam sirkuit dengan kapasitas penonton terbesar.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *