Tips Menabung Efektif dengan Evaluasi Pengeluaran

Menabung
Tips menabung efektif

DEJAVANEWS.COM – Setiap tahun pasti kita akan berbenah baik dari segi kesehatan maupun keuangan. Namun, pernah gak sih merasakan kok kita sudah rajin menabung tapi tetap susah menggapai life goals yang diinginkan. Kalau kamu relate sama kondisi ini, berarti inilah saat yang tepat untuk kamu melakukan evaluasi ulang terhadap pengeluaran kamu nih.

Yuk kita cek beberapa pengeluaran yang sebenarnya bisa kamu hindari untuk menambah uang tabunganmu!

  1. Membership (Gym atau Aplikasi Entertainment)

Memiliki berbagai membership di beberapa layanan pastinya menjadi salah satu pengeluaran rutin yang tidak sadar memiliki dampak yang besar loh terhadap uang yang kita simpan. Mulai dari biaya langganan pusat kebugaran sampai berbagai layanan entertainment seperti Netflix, Youtube, Spotify, dan banyak lagi.

Kita misalkan satu membership memiliki biaya minimum Rp 800 ribu yang kalau kita totalkan per tahun menjadi Rp 9,6 juta per tahunnya. Pengeluaran-pengeluaran seperti ini bisa banget kamu evaluasi kembali karena merupakan hal yang digunakan untuk memenuhi kenyamananmu bukan kebutuhanmu, apalagi jika layanan tersebut tidak kamu gunakan secara maksimal.

Baca Juga  Tips Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Coba cek kembali biaya membership layanan apa saja yang sudah kamu bayar tiap tahunnya dan tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jangan sampai pengeluaranmu bocor untuk layanan yang bahkan tidak kamu gunakan dan menutup langkahmu untuk mencapai life goals-mu!

  1. Membeli Jajanan

Membeli jajanan apalagi saat kita melakukan pekerjaan pastinya sudah menjadi suatu kebiasaan yang memang sulit dihentikan. Namun, pengeluaran ini ada baiknya mulai kita coba kurangi. Contoh kamu membeli jajanan Rp 25 ribu setiap harinya. Hal ini berarti kamu mengeluarkan biaya sebesar Rp 175 ribu per minggu atau Rp 9,1 juta per tahun loh! Langkah kecil yang bisa kamu ambil adalah membatasi frekuensi jajan misal dari 4x seminggu menjadi 1-2x saja dalam seminggu. Selain meningkatkan jumlah uang yang bisa kamu simpan, membatasi jajanan juga dapat merubah pola hidupmu menjadi lebih sehat sejak dini.

  1. Biaya Aplikasi Delivery
Baca Juga  Dukung SDGs, Tugu Insurance Berdonasi Ke Sekolah Alternatif Anak Jalanan

Menggunakan aplikasi saat kita perlu membeli sesuatu memang sangat memudahkan hidup kita. Tanpa perlu beranjak dari atas kasur, kita hanya tinggal memencet layar smartphone dan barang akan sampai di depan rumah kita. Namun, perlu kamu perhatikan bahwa biaya layanan ini tidak kecil loh apalagi kalau kamu menggunakan aplikasi tersebut setiap hari. Setidaknya kamu akan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 10 ribu sampai 20 ribu per pesanannya.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum kamu memencet tombol order, pertimbangkan kembali biaya layanan dan harga barang yang akan kamu pesan. Kalau memang harus membeli, kamu bisa coba gabungkan dengan promo yang akan membuat biaya pesananmu menjadi lebih murah. Namun, jangan sampai adanya promo malah menambah jumlah barang yang kamu pesan menjadi lebih dari yang kamu butuhkan ya!

Baca Juga  Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji yang Pas-pasan

Dengan melakukan evaluasi terhadap pengeluaranmu, kamu dapat menghemat dana setidaknya sebesar Rp 5 juta per tahun. Uang ini bisa banget kamu investasikan secara rutin untuk memperbesar sumber pendapatanmu. Ada baiknya kita menutup atau mengurangi beberapa sumber kebocoran tabunganmu untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih ekonomis. Namun, mengubah gaya hidupmu bukan berarti mengurangi kesenangan dalam hidupmu ya! Kamu dapat belajar untuk menjadi sosok smart spender dan saver dalam waktu yang bersamaan dengan menerapkan gaya hidup ini.

Nah, sebagai langkah awal, kamu juga dapat memeriksa seberapa fit kondisi keuanganmu secara gratis melalui www.ruangmenyala.com loh! Selanjutnya, kamu dapat mengambil langkah untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih ekonomis agar life goals-mu tidak lagi mustahil untuk digapai.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *