5 Tabungan yang Harus Dipersiapkan Sejak Dini

Menabung
Ilustrasi Tabungan

DEJAVANEWS.com – Tabungan adalah simpanan uang yang kita miliki dan dapat kita pergunakan sewaktu-waktu saat kita butuh.

Namun kerap kali kita tak punya tabungan karena kita terlalu konsumtif saat kita mempunyai pendapatan. Baik dari pendapatan bulanan maupun pendapatan lainnya.

Menabung sangat mudah diucapkan akan tetapi sulit untuk dilakukan saat ini. Orang lebih senang menghabiskan uangnya untuk hal yang tak begitu penting dibanding menabung.

Padahal salah satu kunci menjadi makmur dan kaya adalah menabung, yaitu kebiasaan kecil yang sudah banyak dilupakan orang.

Menabung memang membosankan, tidak seru, dan juga tidak kekinian. Tetapi ketika spending money terhadap barang baru itu terlihat lebih keren dan asyik.

Ditambah lagi dengan program cicilan 0% dari berbagai penyedia kartu kredit dan mudahnya mendapat pinjaman online membuat orang semakin konsumtif.

Padahal jika kita menabung sejak dini, kita sudah melakukan persiapan hidup yang lebih makmur ke depannya.

Berikut 5 tabungan yang harus Anda persiapkan sejak dini seperti dilansir dari Channel YouTube Angga Andinata

Tabungan Dana Darurat

Tabungan ini berfungsi apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ketika kita di PHK, atau ada hal lain yang membuat pendapatan kita menurun terus menerus.

Baca Juga  Cara Menghitung Pph Pasal 21 Karyawan Tetap dengan Gaji Mingguan dan Harian

Apalagi disaat pandemi diawal tahun 2020 banyaknya karyawan yang dirumahkan oleh perusahaan, bahkan banyak dari mereka menganggur dan tidak berpenghsilan sama sekali.

Tentunya jika kita sudah menabung untuk dana darurat maka kita bisa menggunakannya dan mengamankan hidup kita untuk beberapa bulan kedepan.

Tabungan Kesehatan

Sesuai namanya, tabungan kesehatan kita persiapkan apabila kesehatan kita dan keluarga kita mulai terganggu.

Kita dapat menggunakan BPJS dari pemerintah atau peruahaan. Atau bahkan kita dapat mempersiapkannaya melalui tabungan asuransi yang kita pilih.

Tabungan Pendidikan

Seperti yang kita tahu semangkin lama biaya pendidikan akan semangkin mahal. Jadi tidak ada salahnya buat kita menabung untuk biaya sekolah anak kita dimasa depan sedini mungkin.

Agar disaat mereka sudah mulai remaja dan harus melanjutkan pendidikan mereka sementara kita juga mulai sudah tidak produktif lagi maka kita tidak perlu merasa khawatir anak – anak tidak bisa melanjutkan pendidikannya dan kita juga bisa menikmati kehidupan terbaik didunia ini.

Baca Juga  Minyak Sawit Rajai Ekspor Komoditas Pertanian Sumut

Karena, sebagai orangtua kita selalu menginginkan anak – anak kita mendapatkan pendidikan yang terbaik sebagai bekal mereka dimasa depan. Dan tantangan generasi dimasa depan akan jauh lebih besar dibandingkan  generasi kita. Mereka akan menghadapi orang jauh lebih pintar bahkan AI (Artificial Intelligece).

Tabungan Impian

Semua orang tentunya punya impian, tanpa impian hidupnya akan menjadi terasa sangat hampa.

Banyak orang memiliki impiannya yang bermacam –  macam seperti rumah mewah dengan kolam berenang didalamnya bahkan harus ada helikopter pribadinya, atau bahkan punya impian memiliki mobil sport yang paling bagus di dunia.

Atau bahkan memiliki pasif income yang bisa membuat hidup mereka jauh lebih baik dari sekarang.

Tentu hal seperti bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Tergantung pada porsi yang ingin kita ambil.

Hal seperti ini tentunya perlu dana, ketekunan, serta waktu yang kamu tentukan agar bisa terwujudkan. Semangkin cepat kamu menabung maka akan semangkin cepat pula mimpi itu semua segera terwujudkan

Baca Juga  Dukung SDGs, Tugu Insurance Berdonasi Ke Sekolah Alternatif Anak Jalanan

Tabungan Haritua dan Warisan

Kebanyakan orangtua menjadikan anak – anak mereka adalah tabungan dan jaminan haritua mereka.

Karena, telah membesarkan dan memdidik mereka. Padahal itu sudah menjadi tanggug jawab dan kewajiban bagi semua orangtua.

Setelah mereka dewasa, mereka juga akan punya tanggung jawab yang sama seperti kita saat mereka sudah memiliki keluarga dan anak.

Untuk itu sebagian banyak orangtua juga sudah mempersiapkan diri untuk menabung harituanya. Agar jangan sampe saat kita tua nanti kita malah merepotkan anak – anak kita.

Hanya karena kita bisa disiplin saat kita muda, atau karena lupa kalau kita bisa tua.

Bukannya kita bisa memberikan mereka kehidupan lebih layak tapi malah menjadikan mereka sandwich generation. Dimana, generasi yang ditekan di atas dan generasi yang titekan di bawahnya.

Kalau kita semua belum mulai menabung sama sekali, kita semua sudah boleh coba memulai dari tabungan dana darurat terlebih dahulu agar bila terjadi sesuatu kita sudah siaga untuk menghadapi masalah yang mungkin terjadi kedepannya.

Mari menabung sejak dini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *