Cara Menghemat Uang Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Menghemat Uang Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

DEJAVANEWS.COM – Cara menghemat uang bulanan untuk ibu rumah tangga. Bagi yang sudah menjadi ibu rumah tangga tentu harus bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Bilamana anda tidak bisa mengaturnya dengan baik, maka kondisi keuangan keluarga akan kacau. Kemungkinan besar untuk meraih tujuan yang diinginkan akan semakin sulit. Namun berbeda jika mampu mengaturnya dengan baik, banyak hal yang bisa dapatkan nantinya.

Seperti yang anda ketahui sendiri, menghemat keuangan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan siapa saja. Apalagi jika memiliki gaji atau penghasilan yang pas-pasan. Dengan berhemat pastinya menjadi salah satu jalan yang paling tepat untuk anda lakukan.

Apalagi ketika sudah berkeluarga, maka banyak hal yang harus anda urus. Mulai dari kebutuhan suami, anak, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang berperan sebagai Ibu rumah tangga harus bisa mengaturnya dengan baik. Adapun beberapa cara menghemat uang bulanan untuk ibu rumah tangga yang bisa lakukan diantaranya sebagai berikut!

Menentukan Tujuan

Setiap keluaga pastinya memiliki tujuan bagaiamana untuk kehidupan kedepannya. Seperti halnya ingin menyekolahkan anak sampai sarjana, membeli rumah sendiri, membeli mobil, dan lain sebagainya.

Hal ini merupakan tujuan masing-masing yang dapat ditentukan oleh setiap keluarga. Anda bisa merencanakannya dengan suami untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara yang satu ini juga ampuh untuk menghemat uang bulanan yang anda miliki. Hal ini akan membuat  hemat karena memikirkan tujuan yang belum tercapai.

Seperti halnya anda ingin membeli rumah, selama belum tercapai pastinya akan menyimpan uang terus menerus sampai rumah yang diimpikan tercapai. Maka dari itu, sangat penting bagi untuk memiliki tujuan atau keinginan yang ingin dicapai.

Baca Juga  Ekonomi Sumut Tumbuh 3,67 Persen, Sektor Pertanian Pegang Peranan Terbesar

Buat Catatan Rencana Belanja

Tips yang selanjutnya dapat anda lakukan supaya hemat adalah membuat catatan rencana belanja. Cara yang satu ini sangat efektif untuk meminimalisir pengeluaran keuangan yang miliki.

Anda bisa membuat catatan setiap harinya dan melihat jumlah total yang dikeluarkan hingga akhir bulan. Dengan begitu, bisa mengatur keuangan supaya lebih hemat.

Seperti halnya anda di bulan ini mengeluarkan biaya belanja sebanyak Rp. 1 juta, kemungkinan besar ketika mencatatnya bisa lebih hemat pengeluarannya.

Bisa saja ada hal yang tidak penting anda ikut beli yang membuat pengeluaran semakin boros. Maka dari itu, sangat penting  membuat catatan rencana belanja supaya keuangan yang miliki lebih hemat.

Belanja di Pasar Murah atau Tradisional

Jika dilihat dari segi tempat perbelanjaan yang ingin dibeli, anda dapat melihat harganya secara langsung.

Biasanya harga yang ditawarkan antara pasar dengan supermarket memiliki perbedaan yang lebih. Anda harus memiliki prinsip yang efektif untuk tempat pembelanjaan yang dipilih.

Sudah pastinya pasar menjadi tempat penjualan yang paling murah untuk pilih. Meskipun memiliki selisih sedikit harga, juga akan mendapatkan produk yang berkualitas. Biasanya tidak ada unsur pengawetan untuk makanan yang dijual di pasar tradisional.

Selain itu, belanja di pasar tradisional tentu akan lebih murah harganya. Dengan ini akan membuat keuangan menjadi lebih hemat.

Anda bisa membedakannya sendiri dengan cara membeli di pasar tradisional dengan tempat pembelanjaan lainnya. Di pasar tradisional anda akan mendapatkan harga yang murah dan juga berkualitas.

Buat Daftar Menu Masakan Mingguan

Memasak tentu menjadi salah satu kewajiban yang harus dikuasai oleh para ibu rumah tangga. Sebisa mungkin harus latihan bilamana masih belum bisa memasak sendiri.

Baca Juga  Pahami 4 Standar Akuntansi Keuangan umum Utama di Indonesia

Hal ini dikarenakan memasak sendiri juga menjadi salah satu hal penting untuk menghemat keuangan yang miliki. Jadi anda tidak perlu membeli makanan di tempat lain karena sudah bisa memasak sendiri.

Selain itu, anda juga harus membuat daftar menu masakan mingguan yang harus lakukan supaya keuangan lebih hemat. Anda bisa mengatur berbagai macam kebutuhan makanan untuk 7 hari kedepannya.

Dengan begitu, anda bisa membeli sesuatu dalam satuan kilo yang harganya akan lebih murah dibandingkan membelinya dalam bentuk eceran. Hal ini pastinya akan membuat keuangan yang miliki lebih hemat.

Lakukan Perbandingan Sebelum Membeli

Seperti yang anda ketahui sendiri, setiap ibu-ibu pastinya akan melakukan tawar menawar ketika ingin membeli sesuatu. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghemat keuangan bagi ibu rumah tangga.

Jangan terpacu dengan harga yang ditawarkan oleh pihak penjual, sehingga membayarnya dengan harga yang sesuai dengan harga yang tercantum. Anda harus bisa melakukan penawaran supaya mendapatkan harga yang lebih murah.

Maka dari itu, anda harus membandingkan antara harga di tempat yang satu dengan yang lainnya. Anda bisa memilih harga yang paling murah bilamana memiliki kualitas yang sama terkait produk yang ingin dibelinya.

Cara yang satu ini sangat efektif untuk lakukan supaya keuangan anda menjadi lebih hemat.

Cari Diskon

Diskon menjadi salah satu hal yang diburu oleh banyak orang. Ketika ingin membeli sesuatu, alangkah baiknya mencari produk yang sedang ada diskon.

Hal ini akan memberikan kesempatan bagi anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Biasanya di setiap tempat menawarkan diskon yang berbeda-beda. Jika sering memantaunya,  akan berkesempatan untuk mendapatkan diskon tersebut.

Baca Juga  Indonesia Tampilkan Parade Seni Keberagaman Budaya di National Expo 2020 Dubai

Untuk memastikan barang tersebut apakah mendapatkan diskon atau tidak anda bisa mencari informasi melalui internet atau mencari informasi di tempat lain.

Biasanya harga produk yang diberi diskon akan dijual dengan harga yang lebih murah. Sehingga menjadikan keuangan  lebih hemat bilamana membeli barang yang sudah diberi diskon.

Gunakan Uang Cash

Menggunakan uang cash sepertinya menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menghemat keuangan yang miliki.

Hal ini dikarenakan keuangan akan lebih hemat bilamana membeli sesuatu dengan uang cash. Ketika uang di tangan sudah tidak ada, barulah anda menggunakan uang di kartu kredit.

Seperti halnya anda pergi membeli sayuran untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya persiapkan uang cash yang dibutuhkan. Pastikan anda membeli sayuran yang dibeli tidak melebihi uang yang anda bawa. Dengan begitu, sudah bisa menghemat keuangan yang dimiliki.

Hemat Listrik

Sebagai ibu rumah tangga sudah kewajibannya untuk memperingatkan kepada anggota keluarganya agar tidak boros listrik. Hal itu dimulai dari anda sendiri untuk tidak melakukannya. Banyak hal yang berhubungan dengan listrik untuk lakukan supaya lebih hemat.

Seperti halnya mematikan lampu bila sudah tidak petang, mematikan tv ketika sudah tidak digunakan, dan masih banyak hal lainnya. Berbagai macam peralatan elektronik juga sangat mempengaruhi boros listrik.

Hal ini pastinya akan membuat keuangan  menjadi lebih boros bila tidak menghematnya. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk menghemat listrik setiap harinya.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *