Simak Perbedaan Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree

Perbedaan headset, headphone, earphone, dan handsfree
Perbedaan headset, headphone, earphone, dan handsfree

DEJAVANEWS.COM – Simak perbedaan antara headset, headphone, earphone, dan handsfree. Ada yang bilang susah-susah gampang.

Siapa yang suka mendengarkan musik? Tentunya banyak sekali yang menyukainya karena mendengarkan musik dapat membuat seseorang lebih tenang dan santai dalam beraktivitas.

Namun, seringkali selera musik setiap orang itu berbeda-beda sehingga juga sangat penting untuk mendengarkan musik dengan bantuan perangkat.

Hal itulah yang menjadi alasan seseorang menggunakan perangkat, seperti headset, headphone, earphone, dan handsfree dalam mendengarkan musik favoritnya.

Selain untuk mendengarkan musik, perangkat ini juga seringkali dipakai sebagai penunjang outfit seseorang lho karena dengan memakainya dapat membuat seseorang lebih percaya diri.

Sayangnya, di zaman sekarang masih banyak sekali orang-orang yang tidak paham perbedaan antara headset, headphone, earphone, dan handsfree. Padahal, membedakannya tidaklah sulit.

Baca Juga  5 Router WiFi Kualitas Terbaik Tahun 2022

Seringkali kita mendengar masih banyak yang salah dalam penyebutannya. Apalagi kaum lelaki, biasanya sebagian besar dari mereka lebih sering mengganggap keempat perangkat ini sama saja.

Simak perbedaan headset, headphone, earphone, dan handsfree agar kamu tidak salah lagi dalam menyebutkan maupun memilihnya.

1. Headset

Headset bentuknya hampir mirip dengan headphone sehingga banyak sekali orang-orang yang tertukar antara headset dan headphone. Headset sendiri terdapat mikrofon di sisi yang satunya dan berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain secara jarak jauh.

Headset biasanya digunakan pada pc baik untuk video call, bermain games, dan lainnya. Biasanya gamer menggunakan headset dalam bermain game ataupun streaming agar bisa berkomunikasi dengan lawan mainnya.

Baca Juga  Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Livin’ by Mandiri

2. Headphone

Headphone sendiri tidak memiliki mikrofon dan bentuknya seperti bando. Selain itu, headphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan audio saja.

Biasanya headphone digunakan untuk pekerjaan seperti editing video karena lebih simple daripada headset. Itulah yang membedakan headphone dengan headset.

3. Earphone

Nah, yang satu ini juga tidak kalah keren dari headset dan headphone. Earphone memiliki desain yang lebih kecil daripada headset dan headphone sehingga lebih praktis atau tidak memakan tempat ketika dibawa bepergian.

Selain itu, perangkat ini juga bisa langsung sedikit dimasukkan pada saluran telinga dan kualitas suaranya juga memadai.

4. Handsfree

Perangkat ini merupakan perangkat yang paling santai dan unik diantara ketiga di atas. Handsfree terbagi menjadi dua, yaitu sambungan yang terhubung dengan kabel dan sambungan melalui koneksi Bluetooth.

Bentuk handsfree kecil atau mirip dengan earphone dan handsfree juga lebih kecil daripada headset dan headphone. Selain itu, handsfree dilengkapi dengan tombol fungsi dan mikrofon.

Baca Juga  Cara Menghubungkan dan Layanan VPN untuk PC Windows 10

Tombol fungsi tersebut berguna untuk memainkan atau menghentikan audio serta kamu dapat memutuskan untuk menerima ataupun menolak panggilan yang masuk. Kamu bisa beraktivitas dengan lebih santai menggunakan perangkat kecil ini.

Sudah pahamkan mengenai perbedaan headset, headphone, earphone, dan handsfree? Setelah kamu simak perbedaan keempat perangkat tersebut, maka kamu tidak lagi kebingungan ketika memilihnya.

Keempat perangkat ini biasanya juga tersedia dengan beragam warna sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan warna kesukaanmu.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *