Techno  

Cara Menambah Referensi dengan Google Scholar

Cara menambah referensi di Google Scholar
Cara menambah referensi di Google Scholar

DEJAVANEWS.COM – Cara menambah referensi tugas dengan layanan yang terpercaya untuk membantu menambah informasi merupakan suatu tantangan bagi pengguna internet, khususnya bagi para peserta didik.

Untungnya, terdapat salah satu layanan yang mudah diakses serta sangat bermanfaat dalam menambah referensi tugas, lho. Layanan ini bernama Google Cendikia atau biasa disebut Google Scholar.

Layanan ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun, Google scholar sudah menjadi andalan bagi para akademisi maupun mahasiswa karena layanan ini menyediakan berbagai referensi, seperti  artikel, jurnal, maupun buku.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menggunakan layanan ini, ada baiknya calon pengguna mengetahui terlebih dahulu manfaat penggunaan Google Scholar.

Bagi yang belum mengetahui Google Scholar, tidak perlu khawatir karena layanan ini merupakan layanan yang disediakan secara cuma-cuma alias gratis. Kamu tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun.

Baca Juga  4 Tips untuk Mencegah Smartphone Anda dari Serangan Hacker

Pengaksesan pun dilakukan dengan mudah, yaitu kamu dapat memilih pencarian berdasarkan tahun penerbitan dan relevansi tugas.

Kamu juga dapat menyimpan artikel atau pun jurnal yang kamu cari dengan cara yang sederhana. Selain itu, kamu bisa mengutip dengan cepat atau tidak lagi menggunakan cara manual dalam menambah daftar pustaka.

Itulah beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui mengenai Google Scholar.

Berikut cara menambah referensi tugas, yaitu dengan Google scholar:

1. Kamu harus login atau masuk ke situs Google Scholar.  Terlebih dahulu kamu buka google, kemudian ketik Google Scholar, setelah itu kamu akan diarahkan ke Google Scholar dan cukup kamu klik. Jika terasa sulit, kamu cukup membuka situs Google Scholar di scholar.google.com.

2. Dalam tampilan awal kamu akan diperlihatkan penelusuran seperti pada umumnya.

Baca Juga  Rindu Bioskop? Ini Cara Nonton Film Bareng Secara Online

3. Kemudian, kamu bisa memulai dengan mencari atau menuliskan kata kunci sesuai dengan referensi yang kamu butuhkan. Contohnya, kamu ingin mencari mengenai majas, kamu bisa menuliskan kata kunci “majas” dalam kolom penelusuran.

4. Google Scholar akan menampilkan jurnal-jurnal ataupun referensi yang relevan dengan kebutuhanmu.

5. Selanjutnya, kamu bisa memilih untuk membuka salah satu penelusuran yang telah ditampilkan.

6. Jika sudah tepat, kamu dapat mendownloadnya ataupun menyimpannya sebagai daftar bacaanmu.

7. Kemudian, kamu juga dapat mengutip secara otomatis sebagai bukti daftar pustaka.

Jika masih kurang spesifik, kamu dapat melihat dan mengatur pada laman yang sama bagian sebelah kiri mengenai kurun waktu yang kamu inginkan atau yang relevan dengan referensi yang kamu butuhkan.

Baca Juga  4 Cara Mudah Hubungkan Layar HP ke Laptop/PC Tanpa Root

Nah, itulah tata cara dalam menggunakan Google Scholar, sangat mudah bukan?

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.