Penggunaan Earphone Terlalu Lama, Ini Dampak Negatifnya

Penggunaan earphone terlalu lama, ini dampak negatifnya

DEJAVANEWS.COM – Penggunaan earphone terlalu lama sepertinya sudah menjadi kebiasaan banyak orang di zaman sekarang. Ini sebenarnya adalah kebiasaan yang sering dianggap sepele, tetapi ternyata memiliki dampak yang tidak bisa disepelekan.

Earphone merupakan suatu perangkat yang digunakan seseorang baik untuk keperluan maupun hanya sebagai penunjang penampilan.

Saat ini earphone seringkali dipakai untuk berbagai aktivitas, mulai dari mendengarkan musik, menonton Youtube, menelepon, hingga bermain game dalam jangka waktu panjang. Padahal, penggunaan earphone memiliki berbagai dampak negatif.

Dampak negatif penggunaan earphone terlalu lama tidak hanya menyebabkan rusaknya gendang telinga, tetapi juga dapat menyebabkan kematian secara mendadak, lho.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan di Journal of the American Medical Association menunjukkan, terlalu sering atau terlalu lama menggunakan earphone dapat menimbulkan gangguan hingga kehilangan pendengaran.

Baca Juga  Begini untuk Membersihkan dan Mengatur Komputer

Mengapa earphone dapat menyebabkan kematian mendadak? Coba bayangkan saja apabila seorang pengendara memakai earphone ketika di jalan raya, maka hal itu dapat menyebabkan kurangnya fokus atau tidak mendengar adanya kendaraan lain yang juga melintasi bahu jalanan.

Penggunaan earphone ketika berkendara tidak hanya merugikan diri sendiri, melainkan juga dapat merugikan orang lain.

Itulah mengapa, seseorang sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan earphone maupun perangkat lainnya ketika berkendara.

Selain dampak di atas, juga terdapat beberapa dampak lainnya yang wajib kamu ketahui.

1. Terganggunya kinerja otak

Earphone menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan dampak serius. Hal tersebut dapat terjadi karena otak terhubung dengan telinga bagian dalam.

Baca Juga  Cara-cara agar Lebih Produktif dengan Gadget

2. Pusing

Memakai earphone membuat seseorang secara tidak langsung memaksa kepala untuk berada pada posisi yang tidak terjadi secara alami.

3. Rusaknya gendang telinga

Coba bayangkan saja di saat kamu mendengarkan tetanggamu memutar musik yang terlalu kencang. Apakah hal itu mengganggu pendengaranmu? Nah, itulah yang juga terjadi pada telinga ketika kamu menggunakan earphone terlalu lama, apalagi earphone dapat langsung terhubung kepada telinga bagian dalam.

Lebih parahnya lagi, jika penggunaan earphone terlalu lama sekaligus dengan pengaturan volume yang melebihi batas.

4. Penularan kuman dan bakteri

Sebagian orang akan membersihkan earphonenya demi menjaga kualitas maupun kesehatannya. Namun, dalam hal ini tidak banyak pula orang yang melakukannya dengan beberapa alasan, seperti malas membersihkannya, tidak mengetahui cara membersihkannya, maupun belum mengetahui dampak buruk ketika tidak membersihkannya.

Baca Juga  Teknologi Medis Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Tidak hanya kuman di closet saja yang banyak, lho, tetapi kuman juga terdapat pada earphone maupun perangkat lainnya yang sering dipakai pada telinga.

5. Penyumbatan kotoran pada telinga

Saat jarang atau malas membersihkan telinga, maka hal itu dapat menjadi masalah besar, apalagi ketika sering menggunakan earphone, maka tidak heran jika semakin banyak kotoran yang menumpuk pada saluran telinga.

Ada baiknya menggunakan earphone bila diperlukan saja. Tidak hanya itu, saat menggunakan earphone, aturlah volume agar tidak terlalu mengganggu pendengaran atau hindari penggunaan earphone terlalu lama dengan volume yang kencang.

Gunakanlah earphonemu secara bijak.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.