Techno  

7 Jenis Chipset Apple A Series yang Digunakan pada iPhone

7 Jenis Chipset Apple A Series yang Digunakan pada iPhone

DEJAVANEWS.COM – Jenis Chipset Apple A Series yang digunakan pada iPhone. Apple mengembangkan seri SoC A. Chipset ini merupakan otak di balik perangkat mobile Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod touch, sejak era PoP. Bahkan, Apple A-series kemudian menjadi dapur pacu yang digunakan perangkat Apple TV.

Seri SoC A dibangun dengan mengintegrasikan satu atau lebih inti ke dalam satu paket fisik. Paket fisik ini berisi prosesor berbasis ARM (CPU), unit pemrosesan grafis (GPU), memori cache, dan komponen elektronik lainnya.

Untuk proses produksinya, SoC seri A ini diproduksi oleh Samsung dan TSMC. Desainnya masih dikerjakan oleh Apple. Dibawah ini ada 7 jenis Seri SoC A:

  • Apel A4

Apel A4

Apple A4 masih menggunakan system-on-chip (SoC). Teknologi ini adalah sistem System on Chip (SoC) Package on Package (PoP) yang dirancang oleh Apple tetapi dirancang oleh Apple Inc. Dan diproduksi oleh Samsung.

Di dalam Apple A4 terdapat CPU ARM Cortex-A8 dengan prosesor 1 GHz. CPU ini dipasangkan dengan GPU PowerVR SGX 535, dan Apple A4 dibangun di atas proses manufaktur 45nm.

Inti dari Cortex-A8 sendiri dikatakan sebagai inti yang ditingkatkan kinerjanya. Peningkatan ini dikembangkan oleh desainer chip Intrinsity, yang kemudian diakuisisi oleh Apple, dan Core Cortex-A8 diberi nama atau julukan “Hummingbird”.

Oh, Apple A4 ini tidak memiliki RAM. RAM tambahan dapat dipasang di PaP. Jadi, dari segi desain, di atas Apple A4 ini ada paket dengan dua chip DDR SDRAM 128MB berdaya rendah (total 256MB).

Apple A4 sendiri digunakan di berbagai perangkat Apple, termasuk Apple iPad generasi pertama, iPhone 4, iPod touch generasi keempat, dan Apple TV generasi kedua. Khususnya, untuk iPhone 4 dan iPod touch generasi ke-4, core clock yang terpasang adalah 800 MHz.

  • Apple A5 dan Apple A5X

Apple A5 dan Apple A5X

Apple A5 sudah memiliki sistem chipset. Chipset ini diproduksi oleh Samsung. Di dalam Apple A5 terdapat prosesor dual-core berbasis ARM Cortex-A9 dan GPU dual-core PowerVR SGX543MP2. CPU 2x lebih baik dari Apple A4 dan GPU 5x lebih baik.

Baca Juga  10 Dasar-dasar Cadangan Situs Web yang Harus Kamu Tahu

Apple A5 dibangun pada proses 45nm. Clock core dari chipset ini memiliki kecepatan 1 GHz, namun khusus untuk iPad 2. Inti jam yang digunakan di iPhone 4S adalah 800 MHz.

Apple A5 memiliki versi 32nm. Versi ini digunakan untuk Apple TV generasi ke-3, iPod touch (generasi ke-5), iPad Mini dan iPad 2 versi baru (versi iPad2.4). Dalam perkembangan selanjutnya, Apple A5 memiliki versi single-core yang digunakan pada Apple TV generasi ke-3.

Apple juga memperkenalkan Apple A5X. Chipset ini digunakan di perangkat iPad generasi ke-3. Perbedaan antara Apple A5X dan Apple A5 adalah unit grafisnya. Apple A5X memiliki GPU PowerVR SGX543MP4 yang dua kali lebih besar dari GPU Apple A5.

  • Apple A6 dan Apple A6X

Apple A6 dan Apple A6X

Apple A6 menggunakan sistem PoP lagi, sama seperti A4. Apple A6 memiliki prosesor dual-core berbasis 1.3GHz yang disebut Swift. Apple A6 juga memiliki GPU PowerVR SGX 543MP3. Oh, dan desain Apple A6 ini menggunakan set instruksi berbasis ARMv7s baru.

Apple A6 masih diproduksi oleh Samsung pada proses manufaktur 32nm. Dengan proses manufaktur yang lebih kecil, Apple A6 dapat menghadirkan kinerja CPU dan GPU 2x lebih cepat daripada Apple A5.

Apple A6 memiliki versi yang lebih cepat yang disebut Apple A6. Apple A6X dirilis pada 23 Oktober 2012 dengan rilis iPad generasi ke-4. Tentu saja, ini berarti Apple A6X adalah “otak” iPad generasi ke-4.

Apple A6X masih menggunakan CPU Swift dual-core. Bedanya, kemampuan grafis A6X lebih tinggi, menggunakan GPU quad-core PowerVR SGX 554MP4. Apple mengklaim A6X dua kali lebih baik dari Apple A5X.

  • Apple A7

Apple A7

Pada 10 September 2013, Apple memperkenalkan Apple A7 berbasis PoP, yang menjadi “otak” iPad Air, iPad Mini 2 dan iPad Mini 3. Perangkat iPhone yang menggunakan A7 adalah iPhone 5S yang diperkenalkan pada tahun 2013. Hari yang sama dengan Apple A7.

Baca Juga  Kode Redeem Call of Duty 25 Juni 2022, Banyak Senjata, Skin Baru hingga Outfit

Apple mengklaim bahwa A7 sendiri dua kali lebih cepat dari Apple A6. Kemampuan grafis Apple A6 juga berlipat ganda dibandingkan dengan grafis atau GPU Apple A6.

Apple A7 sendiri dibangun di atas proses manufaktur 28nm. CPU yang digunakan di Apple A7 sendiri adalah CPU ARMv8-A dual-core dengan PowerVR G6430 terintegrasi.

  • Apple A8 dan Apple A8X

Apple A8 dan Apple A8X

Apple A8 masih mendukung PoP. A8 masih dirancang oleh Apple, tetapi proses produksinya dilakukan oleh TSMC. Apple A8 dirilis pada 9 September 2014 dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Apple A8 dikirimkan dengan konfigurasi prosesor 64-bit 1.4GHz dual-core dengan GPU PowerVR GX6450 yang terintegrasi dalam konfigurasi 4-cluster. Proses pembuatan prosesor ini berbasis 20nm, sehingga jumlah transistornya adalah 2 miliar. Menariknya, bagaimanapun, ukuran Apple A8 13% lebih kecil dari Apple A7.

Selain iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apple A8 digunakan untuk HomePod serta iPad Mini 4. Produk iPad lainnya, iPad Air 2, menggunakan Apple A8X daripada Apple A8. Apple A8X ini mengusung konsep SoC dengan konsep prosesor 3-core dan GPU dengan 8 core.

  • Apple A9 dan Apple A9X

Apple A9 dan Apple A9X

Apple A9 memiliki konsep SoC dengan sistem berbasis ARM 64-bit. Chipset ini diproduksi oleh TSMC menggunakan teknologi FinFET 16nm. Chipset ini digunakan di perangkat iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Chipset iPhone SE dan iPad (2017) juga menggunakan Apple A9.

Apple A9 sendiri mengklaim memiliki peningkatan 70% dalam kinerja CPU dibandingkan Apple A8. Kemampuan grafisnya 90% lebih baik dari Apple A8.

Menariknya, Apple A9 juga diproduksi oleh Samsung. A9 yang diproduksi oleh Samsung menggunakan teknologi LPE 14nm. Karena kedua produk ini, ada dua versi iPhone 6S dan iPhone 6S Plus di pasaran. Satu dibuat oleh TSMC dan yang lainnya dibuat oleh Apple.

Baca Juga  Membuat Daftar Isi Otomatis Tidak Pake Ribet

Selain membuat Apple A9, TSMC juga memproduksi Apple A9X. Samsung tidak ikut memproduksi chipset ini. Apple A9X sendiri digunakan di perangkat iPad Pro. Apple mengklaim peningkatan 80% dalam kinerja CPU dan peningkatan GPU 2x dari pendahulunya, Apple A8X.

  • Apple A10 Fusion dan Apple A10X Fusion

Apple A10 Fusion dan Apple A10X Fusion

Apple kini telah memberi nama chipset tersebut. Tambahkan nama yang bukan lagi kombinasi huruf A dan angka. Tidak terlalu menarik untuk melihat nama chipset lama, karena orang lebih memilih sebutan atau julukan untuk nama chipset. Karena itulah dipilih nama A10 Fusion.

A10 Fusion adalah sistem-on-chip berbasis ARM 64-bit. Desainnya masih dari Apple. Untuk produksi, TSMC melakukan proses FinFET 16nm.

Fusion A10 memiliki sistem desain dua cluster, dual-core untuk kinerja dan cluster dual-core lainnya untuk kinerja yang lebih efisien. Soal performa chipset ini, Apple mengklaim prosesornya 40% lebih cepat dan GPU 50% lebih cepat dari Apple A9.

A10 Fusion sendiri dibangun ke dalam iPhone 7 dan 7 Plus yang dirilis bersama A10 Fusion pada 7 September 2016. Fusion A10 juga digunakan di iPad (2018).

Fusion A10 memiliki varian yang disebut A10X Fusion. Seperti biasa, versi X biasanya menawarkan performa yang lebih baik dan digunakan untuk perangkat iPad. IPad 10,5 inci generasi kedua dan iPad Pro 12,9 inci menggunakan A10X Fusion.

A10X Fusion sendiri dibangun di atas teknologi FinFET 10nm yang diproduksi oleh TSMC. Apple mengklaim A10X Fusion memiliki CPU 30% lebih cepat dan GPU 40% lebih cepat daripada A9X.

Nah, itulah penjelasan 7 Jenis Chipset Apple A Series yang digunakan di iPhone. Kami berharap artikel ini memberikan informasi tambahan kepada pembaca yang penasaran dengan chipset Apple.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *