Techno  

4 Cara Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah

4 Cara Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah

DEJAVANEWS.COM – Cara memperkuat sinyal modem yang lemah. Sinyal lambat dan bar indikator sinyal tidak penuh? Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini atau mungkin sering mengalaminya. Sinyal lemah atau bilah tidak penuh dan koneksi terputus. Koneksi internet sangat penting di zaman sekarang ini. Semua perangkat berbasis komputer menggunakan koneksi internet sebagai driver.

Selain itu, memiliki koneksi internet membuat pekerjaan lebih mudah. Fakta bahwa internet memegang peranan penting sangat terasa ketika koneksi terputus. Pekerjaan dan hal-hal lain diblokir. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat sinyal. Mari kita bahas cara untuk memastikan sinyal tetap stabil dan cepat.

  • Jauhkan Modem dari Perangkat Elektronik Lain

Anda harus memperhatikan keberadaan elektronik lain di sekitar modem. Elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang dapat memblokir sinyal internet modem Anda.

Oleh karena itu, sebelum memasang modem Anda, disarankan untuk mengetahui barang elektronik lain yang mungkin menjadi faktor penghambat sinyal modem. Misalnya, gelombang mikro. Microwave berjalan pada 2,45 GHz, yang sangat dekat dengan pita WiFi 2,4 GHz modem Anda. Modem harus ditempatkan jauh dari apa pun yang dapat mempengaruhi sinyal modem.

  • Perkuat Sinyal Modem dengan USB Extender
Baca Juga  Harga dan Spesifikasi Realme Pad Mini di Indonesia

Perkuat Sinyal Modem dengan USB Extender

Extender USB adalah konektor USB dengan kabel panjang terpasang. Memperkuat sinyal modem menggunakan USB extender adalah cara yang paling aman. Apalagi di tempat-tempat yang sulit dijangkau sinyal internet. Kabel ekstensi USB adalah solusi terbaik.

Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan sinyal modem Anda. Nah, berikut ini cara menggunakan USB extender agar sinyal lebih kuat.

Cari tempat yang bisa menerima sinyal modem. Area terbuka biasanya merupakan tempat yang ideal untuk menerima sinyal modem, bahkan jika Anda memiliki sinyal internet WiFi.
Ukur jarak antara pusat sinyal dan tempat Anda ingin memperpanjang koneksi. Jika jaraknya 1-2 meter, Anda bisa membeli USB extender. Namun jika jaraknya jauh, Anda perlu membeli kabel transmisi data yaitu kabel Unshielded Twisted Pair (UTP).
Beli perpanjangan USB dari pengecer komputer lokal Anda. Jangan lupa untuk memberitahu penjual bahwa Anda memerlukan kabel UTP untuk modem Anda. Ada banyak jenis kabel UTP, jadi Anda perlu melihat sedikit lebih spesifik.
Hubungkan modem dengan USB extender di komputer atau laptop Anda.

  • Tempatkan Modem dengan Benar
Baca Juga  Aplikasi Alkitab Terbaik di Tahun 2022, Praktis dan Mudah Dioperasikan

Tempatkan Modem dengan Benar

Lokasi modem yang benar adalah salah satu yang paling penting. Kedengarannya sepele, tapi jika dicermati, posisi modem mempengaruhi kestabilan sinyal. Hal ini karena setiap modem memiliki jangkauan sinyal tertentu.

Jangan kaget jika Anda berada di dalam ruangan. Tapi sinyal di satu sudut lebih lemah dari yang lain. Jika Anda sering menggunakan Internet untuk beraktivitas, Anda perlu meletakkan modem di tempat yang tepat agar sinyal dapat menjangkau perangkat yang Anda gunakan.

  • Menggunakan CD sebagai Penguat Sinyal Modem

Menggunakan CD sebagai Penguat Sinyal Modem

Anda mungkin sudah sering mendengar atau melihat ada peralatan makan dan dekorasi ruangan yang terbuat dari CD bekas. Nah, itu populer untuk membuat CD bekas untuk meningkatkan sinyal modem.

Selain membawa brankas, mengubah CD bekas menjadi barang yang dapat digunakan kembali adalah salah satu cara untuk membuang sampah secara efektif. Ini adalah solusi yang tepat untuk mengurangi sampah non-biodegradable seperti CD bekas.

Baca Juga  Tipe Investor Startup, Wajib Anda Kenali Sebelum Membangun Startup

Namun saat ini CD sudah jarang terdengar lagi. Mungkin karena fungsi CD mulai tergeser oleh perangkat lain yang lebih praktis dan efektif. Namun, jika Anda memiliki CD yang tidak terpakai di rumah, Anda dapat menggunakan barang-barang tersebut sebagai penguat sinyal modem.

Selain sendok logam, CD adalah hal lain yang dapat Anda gunakan untuk menghindari gangguan sinyal modem yang berfluktuasi. Berikut cara menggunakannya:

    • Ambil CD bekas yang tidak terpakai.
    • Masukkan modem ke dalam slot CD tengah. Untuk modem tipe stick, metode ini memungkinkan penempatan modem yang mudah.
    • Jika posisi modem di dalam lubang tidak stabil, Anda bisa menambahkan bantalan bantalan yang terbuat dari gabus atau busa agar modem tetap tegak. Anda juga dapat membuat lokasi lain yang lebih nyaman untuk menempatkan modem.
    • Tempatkan CD yang diatur untuk terhubung ke laptop Anda.
    • Anda sekarang dapat menggunakan CD untuk memperkuat sinyal modem dan menguji sinyal.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *