Techno  

4 Tips untuk Mencegah Smartphone Anda dari Serangan Hacker

4 Tips untuk Mencegah Smartphone Anda dari Serangan Hacker

DEJAVANEWS.COM – Tips untuk mencegah smartphone anda dari serangan hacker. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara mencegah hp kamu agar tidak di hack. Ikuti tips ini untuk mencegah ponsel Anda diretas atau di hack.

  • Jangan Menginstal Aplikasi Sembarangan

Faktanya, tidak semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store aman. Bahkan, seringkali ada aplikasi yang masuk daftar hitam oleh Google karena Play Store mengandung malware berbahaya. Aplikasi yang terinfeksi malware dapat mengakses hampir semua data pribadi yang tersimpan di ponsel Anda.

Malware juga dapat mengumpulkan data sensitif dari browser, email, media sosial, dan aplikasi chat. Jadi, hindari menginfeksi ponsel Anda dengan malware dengan menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal, dengan tidak menginstal aplikasi dari situs web asing, atau dengan menginstalnya tanpa melalui Google Play Store.

  • Aktifkan Verifikasi Dua Langkah 
Baca Juga  Teknologi Pangan Sebagai Pondasi Isu Keamanan Pangan

Beberapa aplikasi, seperti email, chat, media sosial, dan toko online, dapat menggunakan fitur autentikasi dua faktor. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memberikan keamanan tambahan ketika pengguna mencoba masuk ke akun mereka. Setelah memasukkan email dan kata sandi Anda, kode OTP satu kali akan dikirim ke nomor ponsel atau email Anda yang terdaftar.

Jika Anda tiba-tiba menerima SMS atau email dengan kode OTP tanpa login, segera ubah kata sandi akun yang disusupi, karena kemungkinan akun Anda telah diretas oleh peretas.

  • Instal Aplikasi Anti Malware di Ponsel Anda

Anda dapat mencegah ponsel Anda diretas dengan menginstal aplikasi antivirus atau anti-malware. Aplikasi ini dapat mendeteksi malware dan segera menghapusnya. Secara umum, smartphone memiliki sistem keamanannya sendiri, tetapi lebih baik menambahkannya bersama dengan aplikasi antimalware khusus smartphone.

  • Matikan Data Saat Ponsel Tidak Digunakan
Baca Juga  Tips Merawat Laptop Terbaik, Perhatikan dan Lakukan dengan Benar

Aplikasi peretas berjalan di latar belakang ponsel Anda. Aplikasi ini terus menerus mengirimkan data dari ponsel Anda ke pelaku melalui internet. Jika Anda tidak menggunakan ponsel Anda, segera matikan koneksi internet Anda. Setelah mematikan koneksi internet Anda, periksa daftar aplikasi di menu pengaturan untuk melihat apakah ada aplikasi aneh yang berjalan di latar belakang ponsel Anda. Metode ini efektif untuk memutuskan koneksi peretas dari aplikasi.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *