APHI Komda Sumut Aceh Lakukan Pelatihan Pengenalan Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Dasar

APHI Komda Sumut Aceh Melakukan Pelatihan Pengenalan Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Dasar

DEJAVANEWS.COM,MEDAN – Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komda Sumut melakukan pelatihan kepada semua anggota APHI lingkup Komda Sumut Aceh, sekaligus dalam rangka mendukung program pemerintah bebas api.

Adapun yang turut hadir dalam pelatihan ini yakni PT. Tusam Hutani Lestari, PT. Multi Sibolga Timber, PT. Gubung Raya Utama Timber Indonesia, PT. Putra Lika Perkasa, PT. Hutan Barumun Perkasa dan sejumlah 24 orang yang areal konsesinya tersebar di masing kabupaten di Provinsi Sumatera Utara di Pondok Buluh (Balai Pendidikan dan latihan Kehutanan).

Selain itu kegiatan ini juga bekerja sama dengan Daops Manggala Agni Sumatera II Pematang Siantar dan Balai Pendidikan dan Latihan Kehutanan dan Lingkungan Pematang Siantar.

Baca Juga  Kondisi Terkini Anak yang Diseruduk Sapi hingga Ditimpa Pagar di Sumut

Pelatihan ini di lakukan dari tanggal 25 sd 27 September 2023.

Ketua Komda Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Sumatera Utara, Dr. Simon H Sidabukke, didampingi oleh Sekretaris Ir. Marula Sipahutar,. MM. Bendahara Ir. Sukirdi, MM menjelaskan bahwa tujuan daripada pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia bagi anggota APHI yang sehari harinya bertugas di lapangan dalam mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan jika terjadi kebakaran di lapangan.

Adapun materi yang diberikan pada pelatihan ini antara lain, gambaran umum pengendalian karhutla, dampak kebakaran hutan dan lahan serta pencegahannya, teknik pemadaman kebakaran hutan dan lahan secara langsung, teknik pencegahan kebakaran hutan dan lahan, pengenalan dan praktek pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga  Capres Pilihan Jokowi, Berambut Putih dan Wajah Berkerut dari PDI Perjuangan

Serta Peraturan perundang undangan pengendalian lebakaran hutan antara lain PermenLHK No. No P.32/menLHK/Setjen/Kum.1/3/2016, Teori dasar kebakaran hutan dan lahan.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini APHI Komda Sumut Aceh mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini antara lain kepada para pimpinan perusahaan yang mempercayakan karyawannya untuk dilatih oleh Pimpinan Daops Manggala Agni Sumatera II Pematang Siantar dan Kepala Balai Pendidikan dan Latihan Kehutanan dan LIngkungan Pematang Siantar.

(*/dejavanews.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *