Perbedaan Perguruan Tinggi di Indonesia. Ada Apa Saja?

Perbedaan Perguruan Tinggi di Indonesia
Perbedaan Perguruan Tinggi di Indonesia

DEJAVANEWS.COM – Perbedaan perguruan tinggi di Indonesia tentunya masih banyak membuat masyarakat kebingungan.

Setelah tamat atau hampir tamat dari sekolah SMA/SMK tentunya akan sering ada beberapa pertanyaan yang sama yang keluar dari mulut banyak orang.

Setelah tamat SMA/SMK kamu mau lanjut kemana? Apa jurusan yang akan kamu ambil? Di daerah mana sekolah yang akan kamu tuju? Mengapa mau lanjut ke sana?

Pertanyaan-pertanyaan di atas cenderung meresahkan, terutama bagi seseorang yang belum tahu pasti gambaran mengenai perguruan tinggi.

Di Indonesia terdapat beberapa model perguruan tinggi, yaitu Universitas, Sekolah Tinggi, Politeknik, Institut, dan Akademi.

Nah, sudah waktunya untuk kamu memahami mengenai perbedaan perguruan tinggi di Indonesia seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu Universitas, Sekolah Tinggi, Politeknik, Institut, dan Akademi.

Baca Juga  Apa Itu Teks Prosedur? Pahami Pengertian, Ciri-ciri, dan Strukturnya

1. Universitas

Model perguruan tinggi yang disebut sebagai Universitas merupakan model perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi. Universitas terdiri dari beberapa bidang, seperti ilmu budaya, sosial, ilmu eksakta atau alam.

Biasanya dalam suatu Universitas juga terdapat pengelompokan-pengelompokan atau menyatukan beberapa jurusan ke dalam satu lingkungan atau fakultas. Ini artinya, dalam suatu fakultas telah mencakup beberapa ilmu atau jurusan.

Nah, ketika kamu mendaftar di sebuah Universitas, kamu akan mendapatkan lebih banyak mengenai jurusan yang ada di dalamnya daripada perguruan tinggi lainnya.

Tidak hanya itu, dalam suatu Universitas juga memiliki tingkatan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, seperti sarjana, magister, doktor (S1, S2, S3), serta guru besar (profesor), atau menjadi peneliti.
contoh: USU, UNRI, UGM.

Baca Juga  Wajib Tahu, Perbedaan Resume dan CV

2. Sekolah Tinggi

Universitas berbeda lagi dengan Sekolah Tinggi. Jika tadinya telah dijelaskan bahwa Universitas terdiri dari beberapa bidang, sedangkan Sekolah Tinggi hanya mencakup satu bidang atau hanya berfokus pada satu bidang secara spesifik.

Sekolah Tinggi ini biasanya disebut sebagai sekolah kedinasan, tetapi tidak semuanya disebut sekolah kedinasan. Contoh Sekolah Tinggi yang disebut sebagai sekolah kedinasan adalah STAN.

3. Politeknik

Politeknik merupakan institusi pendidikan yang bertumpu atau berfokus pada kemampuan praktik. Terdapat pula kegiatan akademik vokasi yang setara D1-D4.

Jika seseorang hendak menjadi bagian dari peserta didik di sebuah Politeknik, maka mereka sudah harus siap dengan banyaknya praktik. Hal ini tentunya agar lulusan Politeknik siap bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya.

Baca Juga  Penulis dan Pengarang Serupa, tetapi Tak Sama

Contoh: Politeknik Medan

4. Institut

Institut berbeda dari Politeknik, tetapi terdapat kesamaan dengan Universitas. Institut dan Universitas sama-sama menyediakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi. Bedanya, Institut hanyak berfokus pada satu bidang ilmu saja yang dibagi-bagi menjadi beberapa jurusan.

Contoh: Institut Teknologi Bandung (ITB).

5. Akademi

Akademi adalah perguruan tinggi di Indonesia yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dari satu cabang ilmu. Contoh: Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol).

Nah, setelah pembahasan di atas, kira-kira kamu sudah dapat gambaran mau lanjut pendidikan dimana atau masih tetap bingung?

Jangan bingung-bingung lagi, ya. Pahami pelan-pelan saja, tetapi jangan sampai perbedaan-perbedaan tersebut menjadi memakan waktumu dalam mengambil keputusan.

Semoga kamu berhasil lanjut ke perguruan tinggi yang kamu impikan.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *