Wajib Tahu, Perbedaan Resume dan CV

Wajib tahu, perbedaan antara resume dan cv
Wajib tahu, perbedaan antara resume dan cv

DEJAVANEWS.COM – Jika Anda seorang pencari kerja, resume maupun CV merupakan salah satu yang tidak kalah penting ketika melamar pekerjaan. Itulah mengapa kamu wajib mengetahui perbedaan resume dan CV.

Nah, tahukah Anda bahwa ada perbedaan resume dan CV? Para pencari kerja harus memahami perbedaan resume dan CV.

Sebagian besar perusahaan saat ini mencari kandidat dengan meminta resume maupun CV terlebih dahulu, atau ada kemungkinan keduanya.

Pelamar perlu mengetahui perbedaannya untuk mengirim file yang sesuai dengan permintaan perekrut. Sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan membedakan antara resume dan CV.

Apakah Anda salah satunya?

Berikut ini perbedaan antara CV dan resume dengan meninjau berbagai aspek yang relevan.

1. Dilihat dari isinya

Baca Juga  Pentingnya Jasa Les Privat untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Anak

Resume adalah ringkasan dengan deskripsi singkat tentang seseorang. Berbeda dengan Curriculum Vitae (CV) yang merupakan daftar riwayat hidup terperinci yang mencakup pengalaman dan kemampuan seseorang.

Resume sendiri lebih fleksibel. Tidak seperti CV yang cenderung terstruktur dan lengkap. Tampilkan kredensial pada CV biasanya berisi informasi yang terkait dengan tingkat pendidikan, penelitian, penghargaan, atau partisipasi Anda dalam organisasi.

Resume sendiri bisa dikatakan sebagai media untuk memperkenalkan diri. Tidak seperti CV, resume dapat ditulis dalam format dan urutan yang dilewati. Resume Anda harus merangkum pengalaman kerja dan pencapaian lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat memberi tahu mengenai mengapa Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan atau beasiswa. Dalam artian, Anda dapat menjelaskan apa yang menurut Anda layak dipertimbangkan, seperti keterampilan dan kinerja Anda, serta pengalaman kerja.

Baca Juga  Keterampilan yang Harus Dikuasai Sebelum Wawancara

2. Dilihat dari jumlah halaman

resume yang biasanya lebih ringkas, itulah mengapa resume biasanya hanya terdiri dari satu halaman. Hal terpenting dalam resume adalah cara pelamar menjelaskan dalam tampilan halaman yang jelas dan ringkas apa yang penting dan layak dipertimbangkan untuk perekrut.

Berbeda dengan CV tentu memiliki jumlah halaman yang lebih panjang dari Resume. Bahkan jumlah halaman CV dapat berisi lebih dari dua halaman karena ditulis dengan rapi dan berisi detail tentang kehidupan pelamar.

3. Mengenai tujuan penggunaan

Pada umumnya penggunaan CV di luar negeri adalah sering digunakan sebagai syarat melamar beasiswa dan untuk berkarir di dunia pendidikan. Berbeda dengan penggunaan resume umumnya dapat digunakan untuk hampir semua pekerjaan dan digunakan untuk melamar beasiswa.

Baca Juga  Belajar Membuat Pantun Ternyata Termasuk Mudah

Hal ini dikarenakan penulisan resume dalam format ringkasan yang cenderung lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan tujuan lamaran.

Penulisan resume biasanya dimaksudkan untuk menekankan poin-poin tertentu berupa prestasi yang dapat menjadi kekuatan bagi seorang pelamar untuk melamar beasiswa atau pekerjaan yang diinginkan.

Seperti halnya iklan, pada resume pun sangat penting untuk menonjolkan kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh pelamar untuk dapat menarik perhatian perekrut.

Itulah aspek-aspek perbedaan resume dan CV. Meskipun pada dasarnya, Resume dan CV adalah riwayat hidup. Namun, pada kenyataannya ada banyak perbedaan Resume dan CV.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *