Tips Cerdas Mengelola Uang Jajan Anak Kost

Tips cerdas mengelola uang jajan anak kost
Tips cerdas mengelola uang jajan anak kost

DEJAVANEWS.COM – Banyak mahasiswa yang meninggalkan kampung halaman dan melakukan perjalanan ke kota yang jauh untuk melanjutkan studi dan terpaksa hidup mandiri. Itulah mengapa, setiap mahasiswa rantau harus bisa mengelola uang jajan agar dapat bertahan hidup.

Ya, Anda akan merasakan rasa manis dan pahit menjadi anak kost.

Anak kost harus bisa hidup mandiri, harus bisa mengatur sendiri aktivitas sehari-hari seperti menyiapkan makan, mencuci, dan menyetrika sendiri, dan memiliki kemampuan mengelola keuangan sendiri termasuk mengelola uang jajan.

Mungkin saat kita hidup dihadapan orang tua kita, itulah mengapa kita merasa tidak pernah berkekurangan dan kebutuhan kita selalu terpenuhi.

Namun, jika Anda tinggal sendiri jauh dari orang tua, Anda tidak punya pilihan selain mendapatkan biaya hidup bulanan yang baik.

Nah, kali ini Anda akan mendapatkan cara smart money management setiap bulan untuk anak kost.

Berikut adalah beberapa tips.

1. Buat daftar belanja

Segera setelah Anda memiliki uang saku di awal bulan, buatlah daftar belanja untuk bulan berikutnya. Anda dapat memperkirakan pengeluaran Anda dari makanan, air, listrik, dan peralatan bekas. Misalnya perlengkapan mandi.

2. Jumlah nilai harian

Untuk menjaga keuangan Anda, Anda perlu memperkirakan berapa banyak yang akan Anda butuhkan dalam satu hari ini. Misalnya, jika Anda hanya pergi ke kampus hari ini, Anda hanya dapat membawa ongkos (jika menggunakan transportasi umum) dan makan siang.

Baca Juga  PPDB SMP Medan 2022, Berikut Syarat dan Tata Cara Mendaftar

Jangan lupa meninggalkan sisanya di kost dan kurangi keinginan untuk membeli barang yang tidak penting karena kita jauh dari orang tua dan bertanggung jawab atas keuangan kita.

3. Simpan

Menabung sebenarnya harus dilakukan oleh semua orang, termasuk anak-anak yang mengontrak ataupun masih tinggal dengan orang tua.

Tabungan berfungsi sebagai dana cadangan sebagai upaya terakhir jika terjadi krisis keuangan.

Anda tidak harus memiliki banyak tabungan, misalnya Rp.50.000 per bulan ataupun lebih. Cukup bagus, bukan?

4. Kumpulkan uang recehan

Mengumpulkan uang receh juga merupakan kegiatan menabung. Seringkali kita harus berbelanja di supermarket dengan sisa uang kurang dari Rp. 1.000, kalau pakai ini tentu tidak berarti banyak, tapi kalau dikoleksi pasti akan terasa manfaatnya.

5. Pilih makanan yang tidak menguras kantong

Nah, kita perlu mengetahui status kita sebagai mahasiswa. Apakah Anda juga mahasiswa dan tinggal di asrama? Nah, santri yang di pesantren juga harus lebih pintar.

Baca Juga  Mengenal Ekonomi Klasik dan Modern Serta Permasalahan yang Kerap Timbul

Jadi memilih tempat makan di tingkat mahasiswa, intinya memahami keadaan keuangan kita sebagai anak kost. Intinya selalu berusaha makan nasi sambil cari yang murah.

Jangan terobsesi dengan makanan cepat saji karena makanan cepat saji dapat membuat Anda berpenyakitan bahkan meninggal dunia.

6. Hindari membeli air mineral

Hindari membeli air mineral dalam kemasan karena hal itu merupakan pemborosan. Bawalah selalu minuman dari kost Anda.

7. Tarik uang tunai yang cukup dari ATM

Ketika uang saku dikirim melalui rekening bank Anda, ambil uang sebanyak yang Anda butuhkan per minggu. Jika Anda masih memiliki uang di saku Anda, Anda akan tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

8. Hemat pemakaian kuota internet

Gadget dan Internet tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Nah, dalam menyikapi hal tersebut, mahasiswa harus pintar-pintar menghemat kuota internetnya.

Jadi, jika Anda menggunakan internet, gunakanlah semaksimal mungkin, misalnya browsing tugas dan membaca materi kuliah.

Jangan selalu aktif di media sosial, apalagi nonton video, kecuali jika Anda menggunakan Wi-Fi di kampus ataupun di kost.

9. Hindari aktivitas – aktivitas yang kurang penting

Baca Juga  Cara Membuat Abstrak Penting untuk Kamu Ketahui

Secara umum, kegiatan yang tidak penting dan kurang bermanfaat ini adalah yang paling banyak menyedot uang. Aktivitas ini meningkatkan biaya tak terduga.

Jadi, hindari menonton film di bioskop, jalan-jalan, dan kegiatan lainnya yang pada dasarnya mahal. Anda dapat melakukannya jika Anda mau alias sekali-sekali saja, tetapi gunakan dengan uang tabungan Anda, bukan uang saku Anda.

10. Temukan penghasilan tambahan

Terkadang kita merasa uang yang dikirim orang tua tidak cukup untuk menopang kebutuhan bulanan kita. Maka, ada baiknya Anda mencari penghasilan tambahan. Misalnya, jika Anda memiliki bakat menulis atau memelihara toko, pelayan, les privat, teknisi komputer, atau menulis, Anda bekerja paruh waktu, seperti menjadi penulis atau blogger.

Hidup adalah perjuangan dan pendidikan adalah masa depan yang diperoleh dengan susah payah. Mahasiswa pula harus berusaha untuk mencapai standar tertinggi pendidikan untuk masa depan yang cerah.

Pahitnya pengalaman menjadi mahasiswa itu akan menjadi manis ketika kita nanti berhasil.

Semoga tips ini dapat membantu Anda mengelola keuangan Anda, termasuk mengelola uang jajan, terutama sebagai anak kost sehingga Anda selalu dapat mengikuti kelas Anda dan bergaul dengan orang-orang di sekitar.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *