Mengapa Kita harus Banyak Membaca Buku?

Mengapa kita harus banyak membaca buku?
Mengapa kita harus banyak membaca buku?

DEJAVANEWS.COM – “Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak Anda tahu.” Pepatah ini benar. Banyak membaca buku akan menambah pengetahuan kita.

Maka sudah seharusnya yang menjadi pertanyaan adalah kapan terakhir kali Anda membaca buku? Kemarin, minggu lalu, bulan lalu, atau tahun lalu?

Nah, jika Anda sudah lama tidak membaca buku, tahukah Anda beberapa penelitian telah membuktikan bahwa membaca memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia, termasuk kesehatan.

Di era teknologi yang semakin cepat ini, minat membaca kita juga harus meningkat karena dengan teknologi, kita juga mendapatkan kemudahan dalam membaca.

Kita tidak hanya harus membaca buku dan majalah, tetapi sekarang kita dapat membaca e-book maupun artikel bermanfaat di situs internet.

Sayangnya, saat ini masih banyak fakta bahwa kita lebih sering sibuk di media sosial dan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Perlu dicatat bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan minat baca terendah.

Oleh karena itu, saat ini Anda dituntun untuk banyak membaca buku karena membaca bisa menjadi hobi dan tentunya membuat kita lebih pintar. Selain itu masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan seperti berikut ini

Baca Juga  PPDB SMP Medan 2022, Berikut Syarat dan Tata Cara Mendaftar

1. Menambah pengetahuan Anda

Segala sesuatu yang kita baca pasti menambah pengetahuan dan informasi bagi kita terlebih lagi bacaan yang positif. Tentunya kita akan mengenal banyak aspek kehidupan, sehingga kita bisa menjelajahi dunia hanya dengan membaca.

Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin siap Anda menghadapi tantangan hidup sekarang dan di masa depan.

2. Meningkatkan memori

Dengan lebih sering membaca, kita akan lebih sering menemukan kata yang sama. Kita akan membaca banyak cerita yang berhubungan satu sama lain. Jadi, ketika kita mengingat sesuatu, ingatan kita saling menguatkan dengan membaca ulang sesuatu yang berhubungan.

3. Merangsang kekuatan otak

Membaca adalah salah satu cara termudah untuk merangsang otak kita tetap aktif dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan benar. Bahkan, banyak membaca buku dapat mencegah risiko demensia atau Alzheimer.

4. Mengurangi stres

Setelah seharian beraktivitas, Anda mungkin merasakan tekanan dan kelelahan. Ini bisa membuat orang stres. Namun, kegiatan membaca dapat menenangkan dan merilekskan pikiran, membawa emosi kita ke tingkat yang stabil. Saat kita lelah, kita dapat beristirahat dan membaca novel, cerita, ataupun buku motivasi.

Baca Juga  Penulis dan Pengarang Serupa, tetapi Tak Sama

5. Bertambahnya kosakata

Membaca juga otomatis menambah kosakata otak kita. Semakin banyak Anda membaca, semakin sering Anda mendengar kata yang sama. Kemudian, saatnya mempelajari kosakata baru dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya.

Tentu saja, semakin banyak kosakata yang kita miliki, semakin percaya diri kita dalam berbicara, mengemukakan pendapat dan berpidato.

6. Tingkatkan keterampilan analitis Anda

Terkadang kita harus menggunakan logika untuk menemukan isi sebenarnya dari sebuah buku. Biasanya dalam sebuah cerita fiksi atau novel kita harus menebak cerita selanjutnya atau akhir cerita. Tentu saja, ini akan melatih pemikiran logis.

7. Latihan terfokus

Dalam semua aktivitas kita, kita membutuhkan konsentrasi untuk mencapai hasil yang maksimal. Secara khusus, ada saat-saat ketika Anda harus sepenuhnya fokus pada pekerjaan Anda.

Jadi, untuk melatih konsentrasi Anda, Anda perlu membaca sehingga Anda bisa fokus hanya pada apa yang Anda baca. Misalnya, setelah membaca sebuah cerita, Anda perlu fokus untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang isi cerita tersebut.

Baca Juga  Jangan Bingung, Ini Tips Memilih Kampus yang Tepat

8. Latihan menulis

Dengan sering membaca, kita sudah mengetahui proses menulis yang baik. Bagaimana menyusun kata yang benar. Secara khusus, untuk dapat diandalkan oleh penulis, Anda perlu banyak membaca buku dan karya orang lain sesuai dengan bidang penulisan penulis.

Kemudian, kita bisa menulis dengan baik sesuai dengan perbendaharaan kata yang kita miliki dengan perbendaharaan kata yang luas.

9. Memberi kedamaian

Membaca juga memiliki efek menenangkan. Misalnya, membaca buku spiritual akan memberi kita perspektif baru tentang kehidupan yang akan memacu kita untuk bertindak lebih bersemangat.

10. Hiburan gratis

Membaca akan berdampak pada keuangan Anda karena Anda bisa memiliki buku murah dan gratis atau Anda dapat mengaksesnya dengan gadget Anda. Anda juga dapat meminjam buku dari perpustakaan, sehingga Anda dapat membaca ketika Anda punya waktu tanpa pergi ke bioskop atau pusat perbelanjaan.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *