Mahasiswa Wajib Tahu, Istilah-istilah Dalam Perkuliahan

Mahasiswa wajib tahu, istilah-istilah dalam perkuliahan
Mahasiswa wajib tahu, istilah-istilah dalam perkuliahan

DEJAVANEWS.COM – Apakah Anda merupakan seorang mahasiswa baru atau sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir? Tidak peduli apa semester Anda, Anda harus tahu istilah-istilah dalam perkuliahan.

Khususnya untuk mahasiswa baru (maba) yang sedang dalam proses menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, Anda perlu mempelajari berbagai istilah penting dalam perkuliahan.

Mengapa demikian? Memahami istilah-istilah dalam perkuliahan dapat memudahkan dalam menangani kebutuhan kehidupan kampus.

Berikut ini istilah-istilah dalam perkuliahan yang wajib Anda ketahui.

1. KRS dan KHS

Kartu Rencana Studi (KRS) adalah lembar yang mencatat daftar mata kuliah yang diambil mahasiswa selama satu semester. Sedangkan KHS (Kartu Hasil Belajar) adalah laporan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa selama satu semester. Di sekolah KHS disebut Laporan Pembelajaran atau Raport.

2. SKS

Satuan Kredit Semester (SKS )merupakan jumlah studi yang dipelajari seorang mahasiswa per semester. Anda dapat memilih mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester asalkan tidak melebihi jumlah SKS yang ditetapkan. Jumlah kredit yang diperoleh umumnya tergantung pada akuisisi IP sebelumnya.

Baca Juga  Tips Blogging untuk Para Mahasiswa

3. Rektor

Rektor merupakan posisi kepemimpinan tertinggi di universitas. Pengawas memiliki kantor yang disebut Rektorat atau Biro Rektor.

4. KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk karyawisata komunitas dimana mahasiswa tinggal bersama selama kurang lebih 1-2 bulan dan mengabdi kepada masyarakat.

Mahasiswa KKN akan membuat program pengabdian yang terlibat langsung dengan masyarakat untuk memberikan kontribusi yang signifikan dengan menggunakan bidang ilmu yang telah dipelajarinya.

5. TA

Tugas Akhir (TA) adalah sebuah karya ilmiah yang disusun oleh setiap mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. TA merupakan tugas wajib bagi semua mahasiswa yang akan lulus dan ingin menyelesaikan tahun akademiknya.

6. PKL

Praktek Kerja Lapang (PKL) atau magang adalah suatu kegiatan yang diadakan sebagai salah satu persyaratan menyelesaikan perkuliahan, PKL biasanya sekitar 1-3 bulan kegiatan kuliah di tempat di suatu perusahaan atau lembaga. Dalam kegiatan ini, mahasiswa terjun langsung ke dunia kerja yang sebenarnya.

7. Dosen PS dan PA

Dosen PS merupakan pembimbing skripsi atau yang membimbing mahasiswa untuk menyusun skripsi/tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Sedangkan Pengajar PA, yaitu Pembimbing Akademik adalah wali yang membimbing proses akademik mahasiswa selama perkuliahan.

Baca Juga  Keterampilan yang Harus Dikuasai Sebelum Wawancara

8. KTM

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) adalah tanda pengenal/identifikasi yang menunjukkan bahwa seorang mahasiswa adalah anggota universitas.

KTM juga menjadi syarat wajib dalam mengelola administrasi kampus dan untuk mengikuti kompetisi antar universitas.

9. UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi kegiatan mahasiswa yang menghimpun mahasiswa yang memiliki minat dan kecenderungan yang sama. UKM ini merupakan organisasi resmi dengan pengawasan langsung di kampus.

UKM terdiri dari berbagai bidang, seperti bidang olahraga, seni, keagamaan, dan lainnya. Contoh UKM, yaitu UKM Paduan Suara, Pencinta Alam, Badminton, dan lainnya.

10. BEM atau SEMA

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Senat Mahasiswa (SEMA) merupakan organisasi manajemen mahasiswa di kampus yang merupakan badan eksekutif tingkat universitas.

Pemimpin tertinggi biasanya disebut dengan Presiden Mahasiswa.

Proses pemilihan Presma juga dilakukan secara demokratis yang dikenal dengan Pemira Mahasiswa (pemilihan umum).

11. Dekan

Dekan merupakan jabatan yang diemban kepada Kepala Administrasi dan Pimpinan Akademik masing-masing fakultas. Artinya, setiap fakultas dipimpin oleh satu dekan.

Baca Juga  Tips Cerdas Mengelola Uang Jajan Anak Kost

12. Sekjur dan Kajur

Sekretaris Jurusan (Sekjur) adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas pekerjaan administrasi departemen. Sedangkan Kajur (Ketua Jurusan) atau kadang-kadang Kaprodi (Kepala Program Studi) adalah pemimpin utama yang membawahi suatu departemen.

13. Hima atau HMJ

Himpunan Mahasiswa (Hima) atau terkadang juga disebut dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan badan kemahasiswaan setiap jurusan dari sebuah universitas.

HMJ adalah organisasi yang dibawah naungan BEM/SEMA. Ini biasanya berarti bahwa kegiatan yang dilakukan oleh HMJ harus berada di bawah koordinasi BEM/SEMA.

14. IP dan IPK

IP adalah singkatan dari Indeks Prestasi. Sedangkan IPK adalah singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. IP berkisar antara 0,00 – 4,00 yang merupakan nilai rata-rata untuk setiap mata kuliah/semester.

Perbedaan antara IP dan IPK adalah rata-rata, yaitu jika IP prestasi per semester, IPK adalah nilai kumulatif yang diperoleh dari semester pertama sampai semester berjalan sampai lulus dari universitas.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *