Techno  

Tips Merawat Laptop Terbaik, Perhatikan dan Lakukan dengan Benar

Tips Merawat Laptop Terbaik, Perhatikan dan Lakukan dengan Benar

DEJAVANEWS.COM – Tips merawat laptop merupakan hal yang tidak kalah penting yang wajib kamu ketahui. Lalu, jangan menjadi lalai merupakan perintah bagi pengguna laptop. Dalam hal ini yang berarti jangan lalai dalam merawat laptop.

Saat ini zaman sudah semakin canggih dan laptop adalah salah satu yang menjadi kebutuhan penting bagi orang-orang. Semakin berkembangnya zaman, harga laptop juga semakin tinggi dan spesifikasinya terus meningkat.

Nah, jika memiliki laptop, hal ini sudah menjadi kewajiban seseorang untuk merawatnya dengan baik agar laptop menjadi awet dan tetap terlihat bagus. Lalu, bagaimana tips merawat laptop dengan benar?

Berikut ulasan beberapa tips merawat laptop yang dapat kamu terapkan:

1. Jauhkan laptop dari jangkauan anak-anak

Hal pertama yang tidak bisa diabaikan adalah menjaga keamanan laptop dari jangkauan anak-anak. Mengapa dari jangkauan anak-anak? Seperti yang kita ketahui anak-anak cenderung belum mengerti akan penggunaan laptop.

Baca Juga  Jenis Chipset Apple Generasi Awal yang Digunakan di iPhone

Ini artinya ada kemungkinan mereka akan sembarangan dalam menyentuh laptop atau mengotak-atik laptop seperti layaknya mengotak-atik mainan.

2. Rawat baterai laptop

Laptop seringkali bermasalah pada komponen baterainya. Usia baterai sangat bergantung pada cara seseorang dalam merawatnya.

Merawat baterai laptop dilakukan dengan cara menghindari penggunaan laptop hingga baterai sekitar 20%. Jika menggunakan laptop hingga baterai habis total, maka hal ini akan memperpendek umur laptop.

3. Rutin membersihkan keyboard laptop

Setiap kali memakai laptop ada kemungkinan meninggalkan jejak, seperti debu. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan mini vacuum cleaner.

 4. Perhatikan tempat laptop

Siapa yang suka bermain laptop dan meletakkannya di atas bantal atau kasur? Nah, hal ini sangat umum terjadi dan ternyata kebiasaan ini dapat membuat baterai menjadi boros.

Baca Juga  Cara Menghubungkan dan Layanan VPN untuk PC Windows 10

Mengapa kebiasaan ini dapat membuat baterai menjadi boros? Hal ini karena udara yang akan masuk melalui kipas akan terhambat dan itu akan menyebabkan laptop menjadi panas.

5. Jangan terlalu sering menggunakan mode sleep

Ingin laptop tetap awet, kan? Jangan sering menggunakan mode sleep. Kamu dapat menggunakan mode ini jika benar-benar akan memakainya lagi atau hanya ingin berhenti sebentar saja. Contohnya, jika ingin berpindah tempat duduk.

Namun, jika tidak ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama, maka jangan pernah sekali-kali menggunakan mode sleep, ya.

6. Bersihkan layar laptop

Performa atau tampilan layar laptop cenderung menjadi hal yang menarik untuk dilihat. Namun, jika sudah terdapat lecet atau kotoran tentu akan mengurangi tampilan layarnya.

Baca Juga  Spotify Akuisisi Distributor Buku Audio Findaway

Jangan sampai ada debu atau noda yang membandel pada layar laptopmu. Segeralah bersihkan layar laptop kamu.

7. Perhatikan cara memasang charger laptop

Berikut ini merupakan hal yang sangat sering diabaikan. Banyak sekali lho yang memilih menyambungkan charger ke laptop terlebih dahulu. Padahal, cara ini sudah jelas dapat merusak atau membuat baterai laptop menjadi boros karena arus listrik yang diterima belum stabil.

Ada baiknya terlebih dahulu sambungkan charger, lalu menyambungkan charger ke laptop. Selain itu, hindari menggunakan laptop ketika dalam proses pengisian baterai.

Itulah tips-tips yang dapat kamu terapkan agar laptop menjadi lebih awet.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.