Tips Blogging untuk Para Mahasiswa

Tips blogging untuk para mahasiswa
Tips blogging untuk para mahasiswa

DEJAVANEWS.COM – Blog adalah tempat berbagi cerita, pengalaman, dan pengetahuan melalui artikel-artikel yang ditulis di Internet. Jadi blogging adalah sesuatu yang bisa dilakukan siapa saja dan tentunya bagi Anda yang ingin memulainya, Anda wajib mengetahui tips-tips blogging.

Jadi sekarang, wajar bagi siapa saja untuk membuat blog, termasuk profesional, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa.

Nah, apakah Anda sendiri sudah punya blog?

Bahkan jika Anda tidak memiliki blog, Anda dapat membuat yang baru menggunakan berbagai platform.

Platform blogging yang paling populer adalah blogger (.blogspot) dan WordPress. Namun, untuk blog yang lebih profesional, sebaiknya gunakan wordpress.org dengan self-hosting.

Untuk blog self-hosted, saat ini sudah banyak penyedia layanan web hosting murah unlimited hosting, seperti Niagahoster.

Blogging sendiri memakan waktu dan tidak akan efisien jika tidak dijalankan secara rutin.

Nah, berikut ini ada beberapa tips cara membuat blog yang bagus untuk Anda, terkhusunya bagi para mahasiswa.

Tips blogging ini cocok bagi mereka yang masih duduk di bangku kuliah atau sekolah, tetapi ingin mencoba menjadi blogger dan tetap memprioritaskan pendidikan di atas kegiatan lain.

Baca Juga  Pejuang Beasiswa, Ketahui Langkah Umum Mendapatkan Beasiswa

Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Ingatlah bahwa tujuan utama Anda adalah kuliah

Sebagai mahasiswa, kita harus selalu ingat bahwa tujuan utama kita adalah belajar. Oleh karena itu, kita harus memprioritaskan kegiatan kampus di atas kegiatan lainnya.

Kita juga perlu belajar dengan baik, berhasil tepat waktu, dan mendapatkan IPK tinggi.

2. Bangun blog bertema sains

Sebagai kaum intelektual, sudah sewajarnya kita harus lebih aktif dalam berbagi ilmu pengetahuan kita dibandingkan dengan orang lain.

Jadi, jika Anda ingin memiliki blog, sebaiknya buatlah blog bertema sains agar mudah dikembangkan. Misalnya, ada subtopik seperti Pendidikan, Tips dan Trik Belajar.

3. Tulis artikel sesuai bidang ilmu Anda

Sebenarnya akan lebih baik untuk mengembangkan blog dengan menulis artikel yang sesuai dengan bidang pengetahuan Anda. Oleh karena itu, ilmu yang dipelajari di jurusan tentunya lebih dikuasai dan dikenal lebih luas.

Baca Juga  Belajar Membuat Pantun Ternyata Termasuk Mudah

Sebagai contoh, jika Anda seorang mahasiswa IT, alangkah baiknya jika artikel yang Anda bagikan berkaitan dengan bidang IT, dan jika Anda seorang mahasiswa jurusan kedokteran atau kesehatan masyarakat, akan sangat bagus untuk membagikan artikel tentang kesehatan.

4. Disiplin membagi waktu

Jika Anda ingin menjadi blogger yang sukses, Anda harus fokus membangun blog Anda dan menginvestasikan waktu Anda dengan serius.

Nah, karena Anda adalah mahasiswa dan memiliki tanggung jawab untuk belajar, maka perlu melatih diri dalam membagi waktu. Jangan biarkan blogging mengganggu studi Anda.

Tentukan jadwal blogging yang penting di luar aktivitas belajar Anda dan pastikan Anda telah menyelesaikan pekerjaan Anda sebelum memulai aktivitas blogging.

5. Kurangi waktu bermain Anda dan lebih baik gunakan untuk blog Anda

Apakah Anda sebagai mahasiswa masih hobi bermain game? Lalu, suka pergi ke sana kemari?

Maka, ingat kita seharusnya bertanggung jawab sebagai seorang mahasiswa atau masa depan kita sendiri.

Baca Juga  Cara Membuat Abstrak Penting untuk Kamu Ketahui

Nah, daripada sibuk bermain-main dan menghabiskan waktu serta energi, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan waktu luang dengan cara blogging agar Anda dapat menggunakan waktu luang dengan baik dan menjadikannya investasi di masa depan.

6. Manfaatkan waktu blogging Anda sebaik mungkin

Waktu istirahat bisa menjadi waktu yang tepat untuk ngeblog. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu di dunia blogging. Mungkin Anda bisa lebih meningkatkan kinerja blog Anda selama liburan.

7. Jika ada ujian, istirahatlah dari dunia blogging

Sekali lagi, tujuan universitas adalah yang terpenting. Jadi, jika Anda memiliki jadwal ujian baik UTS atau UAS, sebaiknya istirahat dulu dari dunia blogging agar tidak mengganggu kelancaran ujian Anda.

Setelah ujian, ada baiknya juga untuk menyegarkan kembali aktivitas blog Anda sehingga Anda dapat menemukan ide-ide baru untuk artikel yang akan ditulis di blog Anda.

Itulah beberapa tips blogging yang dapat Anda ikuti, semoga bermanfaat, ya!

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *