Cara-cara agar Lebih Produktif dengan Gadget

Cara-cara agar lebih produktif dengan gadget
Cara-cara agar lebih produktif dengan gadget

DEJAVANEWS.COM – Di era modern ini, gadget telah menjadi perangkat yang dibutuhkan hampir semua orang. Gadget dapat mempermudah tugas manusia. Dengan gadget, pencarian informasi dan komunikasi tidak lagi menjadi masalah meski dalam jarak yang jauh. Selain itu, banyak cara untuk menjadi lebih produktif dengan gadget.

Namun, masih ada saja orang yang kurang bijak dalam menggunakan gadget. Dengan kata lain, orang tersebut tidak bisa menggunakan gadget untuk mempermudah dan menambah wawasan menjadi lebih baik.

Ada orang yang membeli gadget hanya sekedar untuk bermain game. Ada orang yang membeli gadget dengan harga yang sangat mahal dan membelinya hanya untuk bermain sosial media, padahal masih ada fitur yang bisa digunakan.

Jadi, di bawah ini adalah beberapa cara agar lebih produktif dengan gadget.

1. Instal aplikasi sesuai kebutuhan

Prioritaskan aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Bagi yang mudah lupa, Anda bisa memilih aplikasi pengingat. Bagi yang susah bangun pagi untuk kerja, kuliah atau sekolah, Anda bisa menggunakan aplikasi alarm bawaan di smartphone.

Baca Juga  Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas dengan Beberapa Tips Ini

Dari sekian banyak aplikasi di Internet, Anda harus memilih yang benar-benar berguna. Jika Anda bingung karena ada banyak aplikasi serupa, cari dulu perbandingan aplikasi ini di Google lalu pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perlu diingat bahwa suatu aplikasi yang bermanfaat bagi Anda belum tentu bermanfaat bagi orang lain, maka pemilihan aplikasi juga tergantung selera ataupun kebutuhan pribadi.

2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Jika Anda memiliki aplikasi yang tidak lagi digunakan, sebaiknya hapus aplikasi tersebut agar tidak menghabiskan ruang memori. Harap pertimbangkan baik-baik apakah aplikasi ini tidak benar-benar digunakan untuk jangka waktu berikutnya.

Jika Anda memiliki aplikasi yang jarang Anda gunakan tetapi tetap ingin menggunakannya di kemudian hari atau dalam keadaan darurat, tidak disarankan untuk menghapusnya. Ini akan memastikan Anda tidak menghabiskan kuota untuk menginstal ulang aplikasi yang sudah dihapus, meskipun Anda masih perlu menggunakannya.

Baca Juga  Harga dan Spesifikasi Realme Pad Mini di Indonesia

3. Dapatkan hasil maksimal dari gadget Anda

Gadget mahal pastinya memiliki kelebihan, baik secara eksternal maupun internal. Tidak bijaksana menggunakan gadget mahal hanya untuk media sosial atau browsing.

Jelajahi fitur yang tersedia di gadget seperti layar terpisah, asisten (Siri, Google Now, Cortana), widget, dan lainnya. Fitur-fitur ini pasti menguntungkan pengguna.

4. Gunakan media sosial dengan bijak

Sosial media merupakan sarana untuk berbagi informasi dengan semua orang. Meski begitu, masih ada orang yang tidak menggunakan media sosial dengan baik, seperti seorang yang menyebarkan penipuan, kebencian, dan SARA.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk memposting artikel bermanfaat dan kutipan motivasi. Gunakan grup di Facebook untuk mendiskusikan topik atau area kerja apa pun yang Anda inginkan. Promosi produk atau jasa juga dapat Anda lakukan.

5. Banyak membaca

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang paling bermanfaat. Perlu diingat bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah.

Baca Juga  Macam-macam Phobia Yang Umum dan Aneh

Oleh karena itu, manfaatkan gadget Anda untuk sering membaca berita maupun artikel bermanfaat dari internet atau membaca e-book yang memungkinkan Anda membaca banyak buku dalam satu perangkat. Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh.

6. Simpan file sebagai softcopy

Sebagai masyarakat di era digital, sudah waktunya kita menggunakan gadget sebagai solusi untuk mengurangi penggunaan kertas.

Jika memungkinkan, Anda tidak perlu lagi mencetak file yang diperlukan. Sebisa mungkin yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan gadget untuk melihat semua file Anda dan jika terjadi kesalahan, Anda dapat membuat perubahan dengan cepat tanpa harus berurusan dengan banyak kertas. Berbagi file melalui media sosial, pesan instan, dan email juga dimungkinkan.

Nah, itulah cara-cara agar lebih produktif dengan gadget. Menggunakan gadget membutuhkan kebijaksanaan, mengingat gadget tidak hanya menyelesaikan satu pekerjaan tetapi melakukan banyak hal.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.