Alasan-alasan harus Mengikuti Pertukaran Pelajar

Alasan-alasan harus Mengikuti Pertukaran Pelajar
Alasan-alasan harus Mengikuti Pertukaran Pelajar

DEJAVANEWS.COM – Mengapa Anda harus mengikuti pertukaran pelajar?

Perguruan tinggi adalah waktu untuk mengeksplorasi diri lebih dalam dan lebih luas dalam berbagai bidang. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa ini adalah waktu yang tidak hanya untuk menjelajahi diri sendiri, tetapi juga untuk menjelajahi dunia yang luas ini?

Dunia ini sangat luas dengan begitu banyak budaya unik di mana-mana. Sekarang saatnya untuk menjelajahinya melalui program pertukaran pelajar.

Selama masa perkuliahan Anda akan menemukan banyak kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar. Dari kegiatan yang dilakukan di kampus, kegiatan yang dilakukan oleh lembaga, hingga kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah.

Jadi, apakah Anda masih ragu?

Berikut alasan-alasan mengapa Anda harus mengikuti pertukaran pelajar.

1. Perluas hubungan Anda

Pertukaran pelajar memungkinkan Anda untuk memperluas hubungan dan menjalin pertemanan baru di negara Anda yang sementara.

Selain itu, program pertukaran pelajar Indonesia seringkali digabungkan dengan program pertukaran pelajar internasional lainnya. Ini berarti Anda juga dapat bertemu dan berteman dengan siswa internasional lainnya.

Berteman dengan banyak orang baru yang merupakan mahasiswa pertukaran dari Indonesia dan negara lain juga dapat memberikan perspektif baru bagi kita dan orang lain. Hal itu dapat membuka pikiran Anda lebih banyak dan lebih memahami perbedaannya.

Baca Juga  Tips Sederhana Merawat Gitar yang Wajib Kamu Ketahui

2. Perjalanan ke luar negeri

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa begitu banyak orang ingin bergabung dengan pertukaran pelajar. Sebagai mahasiswa pertukaran, Anda dapat mengunjungi negara impian Anda dan tinggal di sana sebagai mahasiswa untuk sementara waktu.

Tentu saja, akan ada banyak tempat untuk dijelajahi di negara lain juga. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah Anda lihat atau ketahui sebelumnya, serta tempat-tempat yang pernah Anda lihat di film atau TV sebelumnya.

3. Pelajari bahasa baru

Jika Anda tinggal di luar negeri dan belajar di luar negeri, tentu Anda perlu mempelajari bahasa lokal untuk mempermudah hidup Anda.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Dengan belajar di luar negeri dan tinggal di lingkungan berbahasa Inggris, Anda dapat mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda melalui percakapan sehari-hari.

Namun, kita juga harus mengingat bahwa bahasa Inggris tidak selalu di pakai di setiap negara. Artinya, Anda harus serius melanjutkan belajar bahasa negara tersebut. Belajar akan lebih mudah jika Anda memiliki lingkungan di mana bahasa yang ingin Anda pelajari digunakan, karena Anda secara alami akan terbiasa.

Baca Juga  Outfit Musim Hujan yang Tetap Membuatmu Hangat dan Styles

4. Tambah pengalaman

Sebagai siswa pertukaran, pengalaman yang bisa Anda peroleh tidak terbatas. Tidak hanya kuliah. Namun, Anda dapat menambah pengalaman organisasi Anda atau bergabung dengan komite di acara kampus.

Banyak juga komunitas unik atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bisa Anda ikuti. Anda juga dapat menemukan pekerjaan tambahan, seperti pekerjaan paruh waktu atau berpartisipasi dalam magang.

Maka, manfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin!

5. Menambah ilmu pengetahuan

Sebagai mahasiswa pertukaran, tentunya Anda akan kuliah di salah satu universitas yang Anda tuju. Anda dapat memperoleh pengetahuan baru dengan mengambil kursus yang terkait dengan jurusan Anda dan sama sekali baru untuk jurusan Anda.

Meskipun itu adalah kursus yang sama yang Anda terima di Indonesia, konten yang akan Anda pelajari mungkin berbeda. Hal ini disebabkan adanya perbedaan tenaga pengajar pada budaya negara tersebut.

Jadi, jangan sia-siakan studi Anda di negara lain karena Anda bisa membangun Indonesia dengan ilmu yang Anda dapat dari negara itu.

6. Pelajari budaya lain

Anda tidak hanya dapat mengunjungi tempat-tempat yang menjadi ikon negara tujuan Anda, tetapi Anda juga dapat mempelajari budaya baru dengan tinggal di sana.

Baca Juga  Menjalankan Pola Hidup Sehat Dengan Melakukan Cara-cara Ini

Sebagai contoh, jika Anda seorang mahasiswa pertukaran di Korea, tentu saja Anda dapat merasakan makanan Korea secara langsung di negara tersebut, tetapi akan berbeda jika Anda mengalaminya sendiri di Korea.

Selain memasak, Anda juga bisa belajar tentang sejarah, seni, dan adat istiadat sehari-hari Indonesia dan tentunya negara tujuan lainnya.

7. Menjadi lebih mandiri

Tentunya Anda akan belajar untuk lebih mandiri dengan hidup sendiri. Dari membersihkan kamar asrama hingga menyiapkan makanan, Anda harus melakukan semuanya sendiri.

Anda juga harus bepergian sendiri ketika Anda membutuhkan sesuatu. Tentunya hal ini akan membantu Anda menjadi lebih mandiri dan berani saat menghadapi situasi sulit.

Namun, jangan lupa untuk membangun hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda, seperti hubungan dengan teman sekamar atau sesama mahasiswa pertukaran. Jangan ragu untuk saling membantu dalam situasi sulit, baik secara teknis maupun mental.  Itu sebabnya Anda harus mencoba pertukaran pelajar di luar negeri!

Nah, apakah Anda tertarik untuk mengikuti pertukaran pelajar? Jika Anda tertarik, jangan lupa persiapkan dari sekarang ya! Mulailah bekerja keras dalam studi bahasa Anda dan pertahankan nilai Anda sehingga suatu hari Anda dapat berpartisipasi dalam program terkait.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *