Alasan Memahami Tentang Fashion, Bukan Sekadar Gaya Berpakaian

Alasan Memahami Tentang Fashion, Bukan Sekadar Gaya Berpakaian

DEJAVANEWS.COM – Alasan memahami tentang fashion, bukan sekadar gaya berpakaian. Bicara soal fashion, hampir semua orang tahu bahwa fashion secara sederhana merupakan gaya yang populer dalam suatu budaya untuk menunjang penampilan seseorang. Meski demikian, masih banyak orang yang belum benar-benar memahami fashion.

Memahami fashion, terlebih bagi generasi muda hari ini adalah penting. Sebab, fashion bagi mereka yang paham bisa jadi lebih dari sekadar gaya berpakaian sesuai tren: fashion bisa jadi medium berekspresi dan menyatakan suatu hal tertentu.

Nah, untuk itu, berikut adalah alasan memahami tentang fashion, agar bisa memanfaatkan fungsinya lebih dari sekadar gaya berpakaian. Simak!

  • Pemahaman Tentang Fashion Bisa Bikin Kamu Merasa Sempurna dan Percaya Diri

Punya pemahaman tentang fashion secara singkat akan membuatmu tahu mana pakaian yang cocok untuk dipadupadankan, dan terpenting tahu mana pilihan yang sesuai dengan selera serta kenyamananmu. Sejalan dengan itu, kamu pun akan punya persepsi yang baik terhadap diri sendiri.

Sebaliknya, jika kamu nggak begitu memahami fashion hingga pada akhirnya tampilan yang kamu dapatkan jauh dari ekspektasi, bukan tidak mungkin akan muncul persepsi negatif yang berdampak pada perasaan kurang percaya diri.

Baca Juga  Cara Memilih Minyak Goreng yang Berkualitas

Dengan kata lain, pemahaman tentang fashion bisa jadi salah satu jalan meningkatkan kepercayaan diri, dengan catatan kamu sudah terlebih dahulu percaya pada diri sendiri dan merasa dirimu sudah cukup baik.

  • PilihanFashion Adalah Bentuk Komunikasimu Secara Nonverbal

Dengan memahami fashion, kamu akan tahu kalau fashion bisa jadi bentuk komunikasimu terhadap orang lain secara nonverbal. Seperti dikemukakan filosof Perancis Roland Barthes, fashion dapat diartikan sebagai sebuah sistem tanda untuk menunjukkan siapa dan nilai budaya apa yang kamu anut.

Contoh paling mudah dari hal tersebut dapat kita amati dari pengacara kondang Hotman Paris yang gemar tampil eksentrik dengan setelan mewahnya. Melalui pilihan fashion-nya, Hotman Paris seakan berkata kepada calon klien sekaligus pengacara lainnya, kalau dia adalah pengacara yang hebat dan sukses menangani kasus-kasus besar. Hal itu dibuktikan lewat kemampuan finansialnya membeli pakaian serta aksesoris mewah.

Baca Juga  Macam-macam Phobia Yang Umum dan Aneh

Nah, komunikasi seperti itu juga bisa kamu sampaikan kepada orang lain melalui pemahaman akan fashion. Tentukan apa yang ingin kamu tunjukkan atau sampaikan, dan pilih fashion item yang tepat merepresentasikan pesan tersebut.

  • Fashion Dapat Menjadi Penanda Kelas Sosial

Terkadang ada momen dalam hidup yang mengharuskan kita mengetahui kelas sosial seseorang, atau momen di mana kita ingin menunjukkan kelas sosial tertentu. Keduanya bisa kamu lakukan melalui fashion.

Yup, fashion punya power untuk menunjukkan kelas sosial ekonomi yang berbeda. Mereka dengan pakaian bermerek bisa diduga dari kalangan menengah ke atas, sementara mereka dengan pakaian cenderung biasa-biasa saja, bisa diduga dari kalangan menengah ke bawah.

Dengan pemahaman tentang fashion, kamu juga bisa dengan lebih baik menangkap ekspresi diri seperti apa yang seseorang ingin tunjukkan, terlepas dari jenis fashion atau pakaian tertentu yang secara tidak langsung menunjukkan kelas sosialnya.

Sebagai contoh adalah para remaja di “Citayam Fashion Week”. Secara fashion item, apa yang para remaja tersebut kenakan mungkin bukan barang baru atau barang bermerek asli. Namun, mereka tak peduli karena apa yang ingin diekspresikan adalah bagaimana mereka mampu untuk keep up dengan tren, dan menegaskan bahwa mereka bukanlah kelompok yang tertinggal melalui caranya sendiri.

Baca Juga  Penyakit-penyakit Mahasiswa, Maag Paling Sering

Nah, itu dia alasan mengapa punya pemahaman tentang fashion itu penting, terlebih bagi generasi muda. Ada banyak fungsi fashion yang bisa kamu rasakan manfaatnya jika memahaminya.

Lebih dari pada itu, dengan pemahaman tentang fashion kamu juga telah mengupayakan keseimbangan dalam salah satu aspek hidup, yaitu keep up dengan tren sekaligus mengekspresikan diri.

Mencapai keseimbangan dalam berbagai aspek hidup ini sangat penting untuk kamu upayakan. Karena dengan itu kamu tidak hanya akan fokus pada apa yang bisa diberikan, seperti fashion look yang sempurna, tetapi juga fokus pada apa yang bisa didapatkan yaitu wadah untuk mengekspresikan diri secara nyaman.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *