Buah Bit Merah Baik untuk Bumil Loh, Yuk di Cek Apa Saja Khasiatnya

Ternyata Buah Bit Merah Baik untuk Bumil Loh, Yuk di Cek Apa Saja Khasiatnya

DEJAVANEWS.COM – Ternyata buah bit merah baik untuk bumil. Selama masa kehamilan berlangsung, ibu hamil membutuhkan berbagai macam asupan nutrisi yang mencukupi bagi dirinya maupun si jabang bayi yang ada dalam kandungan, untuk membuatnya berkembang serta tumbuh secara sempurna. Salah satu cara untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi buah berwarna merah ini. Senyawa-senyawa penting serta aktif di dalamnya, mampu mengoptimalkan tubuh si ibu agar menjadi lebih sehat. Dengan begitu, janin juga akan ikut memperoleh gizi tersebut dengan lebih optimal. Cek yuk kegunaan bit merah untuk bumil di bawah ini!

Khasiat Bit Merah untuk Bumil

Ternyata Buah Bit Merah Baik untuk Bumil Loh, Yuk di Cek Apa Saja Khasiatnya

  • Menyehatkan Janin

Kegunaan bit merah untuk bumil yang pertama adalah menjaga kesehatan janin. Buah yang satu ini, kaya akan vitamin A dan vitamin E yang berkhasiat untuk membantu menunjang perkembangan organ-organ vital janin bagian dalam.

Sedangkan berdasarkan University of Wisconsin – Madison, jumlah asam folat yang tinggi dalam buah bit merah, membantu meredakan risiko kecacatan sistem saraf ataupun sumsum tulang belakang pada janin.

Baca Juga  Penyebab Anak Depresi dan Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orangtua

Di samping itu menurut penelitian dari British Heart Foundation and Tommy’s, buah bit juga efektif untuk meredakan hambatan pada pertumbuhan janin atau Intrauterine Growth Restriction (IUGR) dengan cara mengoptimlakan aliran darah ke dalam rahim dan plasenta.

  • Mengatur Tekanan Darah

Berdasarkan The University of Manchester and The Karolinska Institute dalam jurnal Nitric Oxid, buah bit merah memiliki kandungan nitrat yang berguna untuk menyehatkan sistem peredaran darah.

Zat tersebut akan diubah oleh sistem cerna menjadi oksida nitrat, yang kemudian akan melemaskan serta melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, akan bermanfaat untuk meminimalisir tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Hal ini berhubungan pada penyebab dari hipertensi yang akan membuat risiko preeklamsia, yakni terjadinya komplikasi pada kehamilan, di mana terdapat tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lainnya yang membahayakan si ibu maupun janin.

  • Mencegah Penyakit Anemia
Baca Juga  Masalah Rambut Berketombe dan Cara Mengatasinya, Silahkan Coba!

Bit merah mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, yang efektif untuk mengoptimalkan produksi hemoglobin. Di mana senyawa tersebut dapat mengatasi risiko anemia pada bumil yang kerap mengalami kondisi pusing serta cepat merasa lelah. Selain itu, zat besi juga berguna untuk mengirimkan oksigen pada janin yang ada pada kandungan.

Apabila kekurangan zat ini, maka dapat berdampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan otak si janin. Buah ini pun terkenal sebagai super food yang punya kemampuan untuk membersihkan sistem peredaran darah. Dengan begitu, bisa mengatasi risiko dari masuknya penyakit maupun infeksi virus hingga mengatur tekanan darah agar tetap stabil.

  • Meredakan Pembengkakan

Pada ibu hamil, sangat normal untuk mengalami pembengkakan serta nyeri pada persendiannya, apalagi jika kerap berjalan maupun berdiri terlalu lama. Oleh sebab itu, mengonsumsi bit merah berperan untuk meredakannya. Hal ini karena adanya efek anti-peradangan berupa betaine di dalamnya.

  • Menyehatkan Sistem Cerna
Baca Juga  Model Kebaya Wisuda Modern Tahun 2022

Kegunaan bit merah untuk bumil yang terakhir yaitu menyehatkan sistem cerna. Mengonsumsi bit merah menjadi solusi jitu untuk mengatasi gangguan pada pencernaan seperti sembelit, yang mungkin saja terjadi selama masa kehamilan.

Tidak hanya itu saja, kandungan kalium dan potassium-nya juga mampu menyeimbangkan elektrolit pada tubuh untuk menjaga metabolisme selama mengandung tetap berjalan.

  • Memperkuat Imun Tubuh

Selama masa mengandung, bumil juga membutuhkan asupan antioksidan dalam jumlah tinggi. Maka dari itu, Anda dapat mengonsumsi bit merah ini untuk memenuhinya. Menurut buku berjudul Superfoods for Pregnancy, senyawa aktif tersebut berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh dari beragam risiko infeksi penyakit.

Selain itu riset dari The Children’s Hospital of Philadelphia (CHP), wanita yang mengonsumsi antioksidan sebelum maupun selama hamil, dapat mencegah si buah hati mengalami diabetes serta obesitas.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *