Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Rambut Berwarna
Cara Merawat Rambut Berwarna

DEJAVANEWS.com – Cara merawat rambut berwarna agar tidak mudah rusak dan tampak selalu segar dan tidak kering.

Bergonta-ganti warna dan style rambut tentu saja memiliki kesenangan tersendiri bagi banyak orang. Bahkan terkadang dengan memiliki rambut berwarna membuat kita menjadi lebih percaya diri ketika tampil di depan umum.

Hal ini lantaran kita merasa dengan rambut yang berwarna, kita memiliki penampilan yang jauh lebih menarik dan enak untuk dilihat orang lain.

Tetapi terkadang kita lupa, bahwa dengan memiliki rambut yang sudah diwarnai itu artinya perawatan rambut harus sering kita lakukan.

Sayangnya, kebanyakan orang lupa untuk merawat rambutnya yang sudah diwarnai. Padahal jika kita tidak merawat rambut yang diwarnai dengan benar dan teratur, rambut kita akan menjadi tidak sehat dan terlihat kering.

Nah, untuk itu lakukanlah beberapa tips berikut ini untuk merawat rambut berwarnamu agar lebih terlindungi dan ternutrisi dengan baik:

Baca Juga  Kerugian Malas Mandi Sore Tidak Hanya Menyebabkan Bau Badan

Cara Merawat Rambut Berwarna

1. Pakai shampo bebas sulfat

Shampo bebas sulfat akan mencegah rambut menjadi kering, mencegah kerusakan dan gatal di kulit kepala. Shampo bebas sulfat juga akan memperlambat proses pemudaran warna pada rambutmu. 
Dengan 100 persen minyak kelapa dan cuka, membuat rambut menjadi lebih lembab dan mengunci kelembapan yang dibutuhkan. Jika kamu tidak mengetahui jenis shampoo yang bebas sulfat, kamu bisa menggantinya dengan meminyaki rambutmu dengan minyak kelapa. 

Lakukanlah hal tersebut setidaknya sekali seminggu untuk mencegah rambut yang tidak sehat. Minyak kelapa juga bekerja dengan baik terhadap rambut berwarna karena merangsang pertumbuhannya.

2. Gunakan kondisioner

Selesai mencuci rambutmu dengan shampoo, ada baiknya kamu memakai kondisioner. Hal ini untuk mencegah rambutmu semakin kering. Karena jika kamu hanya mengandalkan shampoo saja, terkadang rambutmu masih terlihat kering dan tidak sehat.

Baca Juga  5 Rekomendasi Buku Bagus untuk Lebih Semangat Hidup

3. Menggunakan hair mask

Pewarnaan rambut secara bertahap akan membuat rambut lebih kering dan sulit diatur. Jadi, untuk mencegah rambut yang tidak terkendali, kita harus menggunakan hair mask atau masker rambut. Tetapi menggunakan hair mask ini tidak harus sesering kamu shampoan atau memakai kondisioner. 
Hal ini dapat kamu lakukan dua kali atau tiga kali dalam seminggu. Hal ini lantaran hair mask juga dapat diandalkan untuk membuat rambut berwarna kita lebih halus dan lembut serta menjauhkan kondisi rambut yang tak terkendali.

4. Hindari keramas terlalu sering

Untuk membuat rambut berwarnamu lebih tahan lama, maka pertimbangkan untuk mengurangi waktu keramasmu dalam seminggu. Pasalnya, terlalu banyak mencuci rambut dapat membuat kulit kepala terasa kering dan tidak baik untuk kesehatan rambut.

Baca Juga  Perawatan Rambut Low Budget. Bagaimana Caranya?

5. Jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut

Setiap kali kamu mengubah warna rambut, semakin banyak pula bahan kimia yang masuk agar dapat menciptakan efek warna yang diharapkan. Hal tersebut tentunya dapat membuat kondisi kesehatan rambut menjadi semakin tidak sehat akibat paparan bahan kimia secara terus menerus. Sebaiknya cat rambut secara berkala agar warna tetap menyala dan konsisten.

6. Hindari suhu panas

Hal yang perlu diingat demi menjaga kesehatan rambut yang diwarnai adalah dengan membuatnya tetap terhidrasi. Yang artinya sebisa mungkin mengurangi suhu yang tinggi mengenai rambut berwarnamu, yang berarti dalam penggunaan alat penataan rambut pun kamu harus mengatur suhunya serendah mungkin. 

Menghindari suhu panas akan membuat rambutmu berisirahat, dapat mengurangi kerusakan, memperkuat dan melindungi rambut dari risiko ujung bercabang hingga 70 persen.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *