Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak
Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak

DEJAVANEWS.com – Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak, sehingga terhindar dari berbagai dampak tak baik.

Saat ini, gadget merupakan alat komunikasi yang wajib dimiliki oleh semua orang. Apalagi semenjak covid mulai mewabah di dunia, hampir semua orang dihimbau untuk tetap di dalam rumah dan mengerjakan pekerjaan dari rumah atau biasa disebut dengan WFH. 

Bahkan anak-anak sekolah pun dianjurkan untuk belajar melalui virtual yang otomatis membutuhkan gadget agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Tetapi sayangnya, banyak orang yang menggunakan gadget secara berlebihan dan cenderung mengalami kecanduan. Padahal, terkadang yang dilakukan dengan gadget adalah hal yang tidak terlalu penting seperti menonton YouTube, bermain media sosial secara terus-menerus, atau bermain game online. 
Padahal kecanduan gadget memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan mental seseorang. Biasanya, kecanduan gadget ini dialami oleh anak-anak.

Jika kebiasaan menggunakan gadget menurutmu sudah mengganggu kehidupanmu sehari-hari, mungkin sudah waktunya kamu membuat beberapa perubahan. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan gadget secara berlebihan:

Baca Juga  Pengertian dan Manfaat Minuman Collagen Bagi Kecantikan

1. Bertemu atau bersosialisasi secara langsung dengan teman-teman

Sudah saatnya kamu bertemu atau berkomunikasi dengan teman-temanmu secara langsung. Saat kamu sudah berkumpul dengan teman-temanmu, usahakan untuk tidak memainkan gadgetmu. 
Hargailah pertemuan tersebut agar kamu tidak terpancing untuk memainkan gadgetmu.

Bagaimanapun komunikasi dan hubungan yang baik itu jika secara langsung daripada melalui virtual saja. Jika perlu, aturlah jadwal liburan bersama-sama dengan teman-temanmu. Nikmatilah dan kenanglah masa-masa persahabatan kalian selama ini.

2. Hapus aplikasi yang membuat kecanduan

Pasti kamu mempunyai satu atau mungkin lebih media sosial atau game di gadget yang paling sering kamu mainkan. Jika menurutmu game atau media sosial tersebut tidaklah bermanfaat untuk kehidupanmu bahkan menjadi sebuah efek yang negatif di dalam hidupmu, lebih baik kamu hapus saja aplikasi tersebut.  

Baca Juga  Tips Presentasi yang Baik dan Mudah Dimengerti Audiens

3. Ubah pemberitahuan notifikasi

Matikanlah notifikasi gadget pada malam hari untuk menghindari terbangun di malam hari demi mengecek gadget. Kalau bisa, matikan saja ponselmu saat kamu akan tidur agar kamu tidak kepikiran lagi dengan isi ponselmu.

4. Lakukanlah hobimu

Jika selama ini kamu hobi memasak atau membaca sebelum kecanduan gadget, maka sekarang mulailah lakukan kembali hobimu tersebut. Jika perlu, carilah kegiatan baru yang bisa kamu jadikan sebuah hobi, contohnya pergi olahraga, berkebun, melukis, bersepeda, memancing atau menonton di bioskop kesayanganmu.

5. Memberikan batasan waktu dalam menggunakan gadget

Saat kamu sedang menggunakan gadgetmu, cobalah untuk memberikan batasan waktu. Jika kamu adalah tipe pelupa, kamu bisa memasang alarm di gadgetmu agar kamu bisa segera menghentikan menggunakan gadgetmu. 

Baca Juga  Berikut Jenis dan Tipe Sepeda Motor Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Jangan pernah kamu menunda-nunda waktu yang sudah kamu sepakati di dalam dirimu. Cobalah untuk menghargai sebuah keputusan yang sudah kamu ambil. 

Contoh memberikan batasan waktu dalam menggunakan gadget itu, misalnya kamu tidak boleh menggunakan gadget di saat-saat tertentu. Seperti saat sedang berkumpul di ruang keluarga, makan bersama, sedang bekerja atau juga saat kencan bersama pasangan. 

Atau pada saat kamu sedang libur dan tidak ada aktivitas, maka kamu bisa memakai pola misalnya menggunakan gadget hanya 2 jam terlebih dahulu, lalu satu jam kamu tidak memakai gadget dan begitu seterusnya.

6. Mengetahui dampak negatif gadget

Coba deh kamu gunakan gadget kamu untuk mencari informasi tentang bahaya dari kecanduan gadget. Dijamin kalau kamu sudah banyak mengetahui tentang bahayanya, pasti kamu agar berpikir dua kali untuk terlalu sering memainkan gadget.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *