Penyebab Kentut Berbau Busuk, Ternyata Bawang Salah Satunya

Penyebab kentut bau busuk, bawang salah satunya
Penyebab kentut bau busuk, bawang salah satunya

DEJAVANEWS.COM – Penyebab kentut berbau busuk sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal.

Kentut itu merupakan hal yang biasa. Namun, akan dianggap menjadi tidak biasa ketika kentut mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Apakah kamu pernah berkumpul dengan teman-temanmu lalu ada yang kentut dan kentutnya sangat bau? Setelah itu menjadi saling menduga-duga siapa yang menjadi pelakunya.

Hal tersebut juga dapat merusak suasana tongkrongan. Nah, lalu apa saja yang menjadi penyebab bau kentut busuk tersebut?

1. Produk susu

Produk susu adalah salah satu yang diminati banyak orang karena rasanya yang enak serta memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti susu, keju, dan yoghurt.

Nah, seorang yang intoleran laktosa dapat menyebabkan kentut beraroma sangat tajam. Laktosa adalah gula alami yang terdapat di dalam susu yang biasanya dipecahkan oleh enzim yang disebut dengan laktase.

Baca Juga  Kegiatan yang Membawa Manfaat Ketika Liburan

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga mengandung zat rafinosa, stachiose, verbakosa. Zat ini merupakan zat gula yang sulit dicerna oleh tubuh.

Saat mencapai usus, bakteri di usus langsung akan menyebar, inilah yang akan menghasilkan bau busuk pada kentut seseorang.

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang baik untuk dikonsumsi karena sayuran ini mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, brokoli juga mengandung kandungan zat gula atau rafinosa serta tinggi komposisi gas sulfur. Kandungan itulah yang menyebabkan gas pada kentut yang diproduksi di dalam tubuh menjadi sangat bau.

4. Kembang kol

Kandungan di dalam kembang kol juga hampir sama dengan brokoli, yaitu sama-sama memiliki kandungan zat gula rafinosa. Kandungan ini adalah makanan bakteri di dalam usus besar.

Baca Juga  Jangan Salah Pilih, Kenali Ciri-ciri Tempe yang Berkualitas

Nah, bakteri yang ada di dalam usus juga akan mengeluarkan dan meningkatkan gas. Hal inilah yang menyebabkan kentut seseorang menjadi sangat bau.

5. Bawang

Masakan terasa kurang lengkap tanpa bawang. Itulah mengapa, hampir semua masakan terdapat bawang di dalamnya.

Sayangnya, bawang dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan. Selain itu, ternyata bawang juga menjadi salah satu penyebab bau busuk ketika kentut.

Hal ini karena bawang diketahui mengandung zat fruktosa yang tinggi sehingga menghasilkan kentu yang sangat menyengat.

Nah, itulah beberapa penyebab bau pada kentut. Oleh karena itu, jangan sampai berlebihan di dalam mengonsumsi bahan-bahan tersebut, ya.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *