Cara Memaksimalkan CV Online yang Lebih Profesional

Cara Memaksimalkan CV Online yang Lebih Profesional
Cara memaksimalkan CV online yang lebih profesional

DEJAVANEWS.COM – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan CV online.

CV dalam bahasa Indonesia adalah sebuah dokumen yang memberikan gambaran tentang data individu, pengalaman dan kualifikasi lainnya.

Tentu saja CV ini penting bagi perusahaan yang biasanya lulus HRD sebagai tahap awal, terlepas dari apakah pelamar memenuhi kualifikasi dasar perusahaan yang ditentukan.

Seiring berjalannya waktu, format CV juga mengalami perkembangan, dahulu dalam bentuk fisik (hardcopy), namun kini lebih akrab dengan CV online.

Apalagi di era pandemi COVID-19, hampir 90% proses perekrutan dilakukan secara online. Pelamar harus mengirimkan CV mereka secara online.

Nah, untuk calon mahasiswa baru, mahasiswa yang sedang mencari magang, dan yang sedang mencari perusahaan baru.

Tahukah Anda bagaimana sih cara memaksimalkan CV online?

1. Urutkan informasi secara berurutan

Saat membuat CV online Anda, perhatikan informasi yang ingin Anda sertakan.

Dari identitas dasar, riwayat organisasi, riwayat pendidikan, keterampilan dan portofolio, riwayat pengalaman kerja (jika ada) hingga kontak dan media sosial.

Nah, jika diurutkan, urutan yang tepat adalah:

  • Data atau identitas pribadi meliputi nama, alamat, informasi kontak dan data pribadi lainnya.
  • Pendidikan, jurusan perguruan tinggi, IPK.
  • Softskill dan hardskill.
  • Riwayat pengalaman kerja (jika sudah memiliki), karena ini merupakan nilai tambah saat melamar pekerjaan.
Baca Juga  Apa Saja Prinsip Anak Rantau?

2. Penekanan pada keterampilan dan kompetensi

Tidak cukup hanya memasukkan informasi dan data pribadi karena setiap kandidat harus memilikinya.

Pelamar dengan gelar D3, S1 cukup banyak, sehingga latar belakang akademis dan nilai IPK pun tidak terlalu menarik saat ini.

Tapi apa yang membuat Anda berbeda dari kandidat lain? Tentu saja, keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar menonjol.

Jadi Anda bisa menekankan softskill dan hardskill Anda.

Misalnya, Anda membuat lamaran di sebuah startup atau perusahaan teknologi sebagai posisi desainer grafis. Anda dapat membuat daftar pencapaian dan kemampuan Anda.

Misalnya, apakah Anda pernah mendesain logo untuk perusahaan tertentu, membuat poster untuk acara tertentu, atau memenangkan kontes/kontes desain grafis?

Untuk softskill, Anda bisa memberikan banyak ide atau ide kreatif agar hasil desain Anda lebih menarik untuk dipublikasikan dan branding.

3. CV singkat dan ringkas

Baca Juga  Jangan Bingung, Ini Tips Memilih Kampus yang Tepat

CV Anda harus singkat dan padat. Sebisa mungkin, Anda dapat meletakkan semua informasi dalam satu halaman.

Kemudian, Anda perlu memilih informasi yang paling penting untuk ditampilkan di CV online Anda. Jangan sertakan informasi yang bertele-tele atau tidak terkait dengan bidang yang Anda lamar.

Misalnya, Anda ingin menjadi programmer, tetapi memiliki pengalaman dengan organisasi atau kepanitiaan yang melayani sebagai ketua panitia bakti sosial atau diskusi.

Dalam konteks, ini kurang relevan. Jadi, lebih baik tidak memasukkannya.

4. Gunakan ikon dan warna yang menarik

Selain berisi informasi penting dan menarik. Tentu saja, Anda juga harus memilih ikon dan warna yang menarik.

Apalagi saat memilih font, harus lebih jelas, lebih formal, dan tidak terlalu banyak gaya. Tetapi jangan gunakan font yang terlalu mendasar dan umum seperti Times New Roman.

Saat memilih warna, usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak warna atau clutter. Misalnya 4 atau lebih warna yang berbeda. Desain yang baik adalah yang hanya menggabungkan dua atau tiga warna.

Selanjutnya, gunakan beberapa ikon yang menarik. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan nomor ponsel Anda, jangan menuliskan nomor ponsel Anda, cukup masukkan ikon panggilan, atau Anda ingin menampilkan media sosial facebook, atau hanya facebook tanpa facebook.

Baca Juga  Belajar Membuat Pantun Ternyata Termasuk Mudah

5. Gunakan situs web siap pakai

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana membuat CV online ini menarik.

Sebenarnya, ada banyak sekali template yang bisa dipilih, dan sudah ada beberapa situs atau website profesional yang memberi Anda kemampuan untuk membuat desain CVyang menarik secara instan.

Jadi tidak ada desain dasar juga. Membuat CV online yang menarik ini sangat mudah dan dapat menghemat banyak waktu Anda. Karena itu bisa selesai dalam beberapa jam.

6. Selalu perbarui informasi CV

Setelah Anda selesai menulis dan mendesain CV Anda secara online, Anda harus memperbaruinya secara teratur. Misalnya, ubah alamat Anda, tambahkan portofolio, tambahkan foto terbaru, tingkatkan pengalaman kerja Anda.

Ini akan berguna jika nanti Anda mengirim CV Anda ke lamaran pekerjaan baru, atau jika Anda ingin berpartisipasi dalam program konferensi, studi banding, atau pelatihan lainnya.

Bukankah itu keren? Tidak perlu lagi mengirim file pdf atau gambar. Ini hanya tautan aktif.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *