Penting, Tips-tips untuk Mahir Membaca Cepat

Penting, tips-tips untuk mahir membaca cepat
Penting, tips-tips untuk mahir membaca cepat

DEJAVANEWS.COM – Pernahkah Anda dikejutkan oleh para ahli, ilmuwan, pemimpin, dan instruktur yang sepertinya tahu segalanya? Anda akan kagum dengan luasnya pengetahuan mereka. Mereka sangat ahli dalam profesi mereka dan di bidang lain juga. Jawabannya adalah mereka banyak membaca dan mahir membaca cepat.

Orang yang berpengetahuan luas mungkin sudah membaca ratusan atau ribuan buku.

Lalu, bagaimana dengan kita? Seringkali kita mengantuk atau cenderung cepat bosan ketika membaca.

Setiap masyarakat, terkhususnya para pelajar harus banyak membaca karena memiliki banyak mata pelajaran dan untuk setiap mata pelajaran tersebut kita mutlak membutuhkan buku panduan, bahkan satu buku saja tidak cukup. Belum lagi halaman buku yang tebal bisa ratusan atau ribuan halaman.

Selain itu membaca juga dapat memperluas pengetahuan kita. oleh karena itu, sebenarnya membaca bukan hanya sekedar hobi, melainkan sebuah keharusan bagi setiap kita.

Maka kita dapat menerapkan teknik Speed ​​Reading atau membaca cepat dengan tips-tips berikut ini.

1. Pilih tempat yang nyaman

Baca Juga  Terlalu Sering Begadang Harus Dihindari Demi Kesehatan Tubuh

Untuk dapat membaca dengan cepat, carilah tempat yang bermanfaat, tenang, dan bebas dari kebisingan. Misalnya, tempat itu adalah ruang belajar, ruang pribadi, taman, dan perpustakaan. Selain itu, pastikan tempat tersebut memiliki pencahayaan yang cukup.

2. Arahkan matamu

Pastikan fokus Anda adalah membaca. Pemula, coba tunjuk huruf, kata, atau kalimat yang Anda baca menggunakan alat seperti pena, tongkat, atau jari agar tidak kehilangan fokus. Alat ini akan membantu Anda menangkap lebih banyak kata. Hal ini memungkinkan mata untuk menangkap kata atau frase lebih cepat.

3. Hindari bergumam

Banyak orang bergumam ketika mereka membaca. Tentu saja, kebiasaan ini tidak berhasil dan tidak baik jika Anda mencoba membaca dengan cepat. Ini akan memakan waktu lama untuk membaca kata demi kata. Ia juga sering mengulang bacaan sebelumnya karena lupa batas baca.

4. Posisi tubuh sangat berpengaruh

Jika Anda ingin membaca dengan cepat, usahakan untuk tidak membaca sambil berbaring, makan, atau melakukan sesuatu seperti menonton. Hal ini karena posisi tubuh sangat mempengaruhi konsentrasi membaca.

Baca Juga  Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Mudah Rusak

5. Jangan membaca bolak-balik

Saat Anda membaca, cobalah untuk tidak mengulangi kata atau frasa dan cobalah untuk fokus. Anda juga dapat menangkap kata atau frasa yang tidak terlalu penting. Ini membuatnya semakin membingungkan saat Anda melanjutkan membaca kalimat berikutnya.

6. Baca dalam satu kalimat

Jangan membaca setiap kata, karena hal ini membutuhkan banyak waktu. Jadi, cobalah baca kalimat demi kalimat. Selalu fokus membaca setiap kalimat sampai akhir. Kemudian cari kata kunci di setiap kalimat yang Anda baca untuk memahami arti kalimat berikutnya.

7. Temukan ide kunci untuk setiap paragraf

Kita perlu belajar untuk menemukan dan memahami ide pokok atau gagasan utama dari setiap paragraf. Biasanya gagasan utama ada di awal atau akhir paragraf.

Oleh karena itu, membaca secara keseluruhan itu tidak perlu, tetapi memang benar bahwa Anda harus dapat menemukan ide pokok paragraph demi paragraf. Setelah Anda menemukannya, sorot menggunakan pena stabilo atau semacamnya.

Baca Juga  Manfaat Air Beras Ada Banyak, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

8. Mengukur keterampilan membaca secara teratur

Membaca cepat selalu identik dengan kecepatan, tetapi ada kemungkinan Anda tidak memahami isi buku tersebut. Dengan demikian, membaca cepat tidak perlu diukur dengan kecepatan, tetapi dalam kemampuan membaca dan penyerapan kata.

Menemukan kemampuan ini juga mudah. Pertama, atur timer ke 1 menit. Kemudian baca buku senyaman mungkin sampai timer berbunyi. Hitung berapa banyak paragraf atau halaman yang dapat Anda baca dan buat catatan sebagai bukti.

Ulangi metode ini setiap kali Anda membaca buku lain. Kurangi jumlah waktu yang dibutuhkan, tetapi tentunya dengan pemahaman yang lebih baik, sehingga membaca tidak hanya lebih cepat, tetapi juga lebih efektif.

9. Harus tekun

Kunci utama mahir membaca cepat adalah tekun. Disiplin diri yang teratur akan membuat Anda lebih baik. Membaca itu seperti belajar musik atau olahraga, butuh kesabaran untuk memaksimalkannya.

Demikian tips-tips untuk mahir membaca cepat. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan kemampuan membaca dan kita semakinmenyukai membaca.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *