Simak Ciri-ciri dan Bahaya SD Card Palsu Berikut Ini

Simak Ciri-ciri dan Bahaya SD Card Palsu Berikut Ini
Kartu MicroSD palsu. © Phone Arena/YouTube

DEJAVANEWS.COM – Simak ciri-ciri dan bahaya SD Card Palsu berikut ini. Beberapa rekan mimin kemarin sudah kehilangan file konten karena menggunakan MicroSD palsu, nah setelah mimin telusuri, banyak sekali bahaya yang terjadi ketika kalian menggunakan penyimpanan palsu, paling nampak adalah kalian kehilangan file, dan paling paling parah kalian akan mengalami kerusakan dibagian mainboard gadget kalian. Ayok mari bahas kalau demikian berikut ini.

SD card memang menjadi salah satu aksesoris untuk menyimpan data yang sangat penting bagi para pengguna smartphone, kamera, drone, dan lainnya. Sayangnya, di pasaran masih ada oknum yang menjual SD Card palsu. Jangan tergiur dengan harga murah, bahaya SD Card palsu bisa membuat rusak perangkat Anda dan masih banyak lagi.

Ciri-Ciri SD Card Palsu

Agar tidak kegocek, kenali dulu ciri-ciri SD Card palsu yang biasa dijual di pasaran. Karena banyak oknum yang menjual menggunakan merk terkenal seperti Kingston, Samsung, SanDisk dan lainnya.

  •  Nomor Tidak Terdaftar

Kartu memory card yang asli memiliki nomor UPC dan GS yang tertera dalam kemasan. Untuk versi yang palsu biasanya menggunakan UPC dalam barcode yang asal cetak sehingga tidak terdaftar.

  • Tulisan di SD Card yang Buram
Baca Juga  Harga dan Spesifikasi Realme Pad Mini di Indonesia

Berbeda dengan tulisan merek, kapasitas, dan lainnya yang terlihat sangat jelas di SD Card asli, pada versi yang palsu memiliki tulisan yang buram dan mudah hilang.

  • Kapasitas Besar dengan Harga Murah

Salah satu yang paling menonjol adalah penjual memberikan harga yang murah untuk SD Card berkapasitas besar. Kemudian packagingnya menyerupai berbagai merek terkenal. Coba bandingkan harga dengan harga asli store official di internet. Jika perbedaan terlalu jauh maka bisa dipastikan itu adalah SD Card palsu.

  • Masalah Transfer

Karena produk palsu, kebanyakan performa yang diberikan sangat jauh dari aslinya. Mulai dari kapasitas yang tidak sesuai hingga transfer data yang bermasalah seperti file corrupt. Kecepatan transfernya juga rata-rata tidak cepat seperti klaim yang diberikan pada kemasan. Tidak hanya itu, banyak SD Card palsu yang tidak terbaca di komputer atau laptop.

  • File Overwrite & Corrupt
Baca Juga  5 Aplikasi Terbaik yang Dapat Memulihkan Foto yang Terhapus

Bahaya SD Card palsu adalah bisa membuat file lama Anda hilang karena saat file sudah penuh, SD Card palsu akan secara otomatis menghapus file yang telah ada sebelumnya dan menimpanya dengan file yang baru saja disimpan. Inilah yang membuat penggunaan memory card palsu sangat tidak dianjurkan.

Bahaya SD Card Palsu

Kebanyakan kartu SD Card palsu memiliki kapasitas yang tak sesuai dengan klaimnya. Misalnya diklaim memiliki kapasitas 16GB namun kenyataannya dipakai 8GB saja sudah penuh. Kemudian kecepatan transfer tidak sesuai yang ditulis di produk. Sehingga memiliki SD card palsu seperti tidak ada gunannya. Karena daya tahan, kecepatan transfer, performa, dan kapasitas tidak sesuai dengan klaim yang dituliskan.

Lebih parah lagi jika data-data yang tersimpan tiba-tiba rusak atau corrupt. Tentu saja itu sangat merugikan pengguna, belum lagi jika tiba-tiba SD Card tidak terbaca karena setiap kali Anda mengakses dan memformat data, kemampuan kartu memori akan berkurang. Itulah sebabnya setelah dipakai beberapa kali, SD Card palsu sering tidak terbaca datanya.

Baca Juga  Hati-Hati, Ini 5 Tanda Smartphone Anda Diserang Hacker

Tidak hanya itu, memiliki SD Card palsu juga bisa merusak atau memperlambat kinerja ponsel, kesusahan mencari file, hilangnya password yang tersimpan saat SD Card eror, mengurangi performa game, hingga merusak perangkat seperti handphone, kamera, dan drone. Karena itu pastikan untuk selalu memakai SD Card asli untuk menjaga keamanan dan demi kenyamanan penggunaan.

Bahaya SD Card palsu juga yang lain adalah membuat Anda kesulitan saat berganti handphone. Hal ini karena sifat SD card yang tidak portable seperti flashdisk. Karena itu, dalam beberapa kasus memory card yang ikut dipindahkan ke ponsel baru tidak bisa digunakan lagi karena sudah disetel sebagai penyimpanan lokal handphone lama Anda.

Nah itulah kenapa alasannya kalian gak boleh menggunakan penyimpanan apapun yang palsu, karena jika penyimpanan buruk akan menimbulkan hal yang tidak dinginkan, jadi baiknya mengeluarkan uang lebih akan tetapi awet.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *