Tips Presentasi yang Baik dan Mudah Dimengerti Audiens

Tips Presentasi
Tips presentasi agar mudah dimengerti audiens

TRIBUN-MEDAN.com – Tips presentasi adalah suatu kegiatan dimana kita memaparkan suatu topik, pendapat, hasil kerja atau informasi di hadapan banyak orang. Tetapi melakukan presentasi di depan banyak orang bukanlah hal yang mudah. Terkadang, rasa gugup akan menghantui siapa saja yang hendak melakukan presentasi. 

Rasa gugup memang wajar dirasakan saat harus tampil di hadapan banyak orang. Namun, bukan berarti kamu harus dikuasai oleh perasaan tersebut. Selain harus mengatasi rasa gugup, kunci agar presentasi menjadi menarik adalah bagaimana audiens bisa memahami isi presentasi dan tertarik menyimak presentasi sepanjang waktu yang disediakan.

Oleh karena itu, sebelum presentasi ada baiknya kamu pelajari beberapa tips melakukan presentasi agar audiens tertarik pada presentasimu. Berikut ini beberapa tips presentasi agar berhasil:

1. Kenali audiens 
Kuncinya terlebih dahulu mengenali audiens, termasuk mengetahui seperti apa audiens mu sehingga kamu tidak akan salah bicara atau terkesan sok tahu. Identifikasi siapa audiens yang ada sehingga kamu bisa mengetahui gaya berbicara dan teknik penyampaian yang sesuai. Lalu pikirkan kemungkinan pertanyaan yang kamu hadapi.

Baca Juga  5 Manfaat Body Serum, Mengapa Tetap Diperlukan meski Sudah Pakai Body Lotion?

2. Perhatikan Penampilanmu
Penampilan dan pakaian yang dikenakan akan menjadi impresi atau perhatian pertama audiens terhadap dirimu. Usahakanlah mengenakan pakaian yang serupa dengan audiensmu, jika kamu presentasi di kantor maka kenakanlah pakaian formal dan terkesan profesional. 

Jika kamu presentasi di hadapan publik, maka cobalah pelajari topik presentasi yang akan kamu sampaikan agar kamu bisa menyesuaikan pakaian yang cocok untuk kamu kenakan. Perhatikan juga penampilan rambut, kerudung, apakah rapi atau tidak. Semakin rapi, semakin membuktikan keseriusan dalam presentasi.

3. Susunlah presentasi 
Tidak hanya untuk pemula, bagi kamu yang sudah sering presentasi juga harus bisa membuat struktur presentasi sendiri. Apa yang akan dibahas di pembukaan, isi yang akan diangkat, dan juga penutup presentasi yang tepat. Buat dengan matang dan tentukan poin apa saja yang hendak disampaikan.

4. Postur Tubuh
Saat kamu presentasi di depan banyak orang, usahakanlah berdiri tegak dan tidak banyak bergerak kesana kemari jika tidak diperlukan. Untuk membuat postur tubuh yang baik, maka jaga agar kaki tetap rata di lantai dan paha sejajar dengan lantai. 
Sehingga bisa membentuk sudut 90 derajat pada lutut. Kepala, leher, punggung, dan kaki harus sejajar saat berdiri. Jika kamu presentasi sambil duduk, maka duduklah dengan tegak. Postur tubuh yang tegak akan membuat kesan dirimu yang percaya diri dan energik.

Baca Juga  Jangan Salah Pilih, Kenali Ciri-ciri Tempe yang Berkualitas

5. Rancang visualisasi presentasi 
Gunakan kalimat sederhana, dalam bentuk poin dan jangan membuat poin yang kepanjangan. Jika kamu presentasi dengan menggunakan tabel, maka hindarilah tabel yang memuat banyak angka dan minim penggunaan kata. Lalu perhatikanlah ukuran font tulisanmu di dalam tabel, usahakan menggunakan font yang besar agar seluruh audiens dapat melihat seluruh penjelasan dalam tabelmu tersebut.

6. Kontak mata 
Kontak mata adalah salah satu dasar bahasa tubuh. Saat kamu presentasi, maka usahakanlah untuk melakukan kontak mata dengan audiens. Dengan melakukan kontak mata, audiens akan merasa dekat dan akrab denganmu dan lebih bersemangat untuk mendengar presentasimu. 
Hal ini lantaran kontak mata meningkatkan oksitosin yang merupakan bahan kimia ikatan sosial dan kepercayaan. Oleh karena itu, kontak mata yang baik menjalin hubungan yang lebih dekat.

Baca Juga  Cara Mengobati Sariawan di Lidah, Dijamin Ampuh

7. Ekspresi wajah 
Saat berbicara, menggunakan ekspresi wajah yang tepat adalah salah satu bagian penting untuk komunikasi yang efektif. Bahkan ekspresi wajah sering menjadi penentu dari makna di balik pesan yang akan disampaikan. Karena pada saat melakukan presentasi, wajah dapat dengan mudah menunjukkan perasaan dan emosi pada saat itu. 

Oleh karena itu, usahakanlah sering menebar senyum ketika presentasi, kecuali kamu menyampaikan berita buruk. Selain itu, berilah antusias kamu saat presentasi dengan menampilkan ekspresi wajah yang energik dan semangat, maka audiens pun akan antusias mendengarkan dan melihat presentasimu. 

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *