Belajar Gitar Secara Otodidak, Bagaimana Caranya?

Belajar gitar secara otodidak. Bagaimana caranya?
Belajar gitar secara otodidak. Bagaimana caranya?

DEJAVANEWS.COM – Belajar gitar secara otodidak akan menjadi menyenangkan dan berhasil apabila ada kemauan yang besar dari dalam diri seorang pemula.

Mengapa demikian? Seperti yang diketahui bahwa belajar gitar secara otodidak akan sangat memakan waktu serta usaha karena harus berlatih tanpa seorang yang handal. Meskipun belajar gitar secara otodidak penuh perjuangan, kamu akan sangat bahagia setelah akhirnya pandai memainkan gitar.

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sederhana, mudah dibawa bepergian, serta dapat menjadi teman di kala kamu bersedih.

Seorang pemula harus mengetahui bahwa belajar bermain gitar butuh perjuangan dan pengorbanan baik dalam hal mengatur waktu, mengontrol emosi, serta harus bersiap merasakan keram pada jari ketika menekan senar-senar gitar.

Namun, jangan khawatir, kamu cukup membayangkan saja rasa sakit tersebut akan terbayar lunas ketika kamu bisa memainkan gitar, bahkan rasa sakit tersebut menjadi tidak ada apa-apanya dibandingkan usahamu.

Lalu, bagaimana sih cara belajar gitar secara otodidak?

Baca Juga  Pengertian dan Manfaat Minuman Collagen Bagi Kecantikan

1. Mempunyai gitar pribadi

Nah, mengapa yang pertama harus mempunyai gitar pribadi? Sebenarnya tidak masalah jika kamu tidak mempunyai gitar atau ingin meminjam saja dari seseorang, tetapi jika seperti itu takutnya latihan gitar mu suatu waktu menjadi terhambat karena tidak ada gitar.

Itulah mengapa seorang yang ingin belajar gitar sangat disarankan untuk memiliki gitar pribadi karena selama belajar gitar dibutuhkan sikap yang konsisten atau rutin berlatih. Jika latihan hanya dilakukan sekali-sekali saja atau hanya ketika ada gitar, maka kemungkinan kamu tidak akan bisa belajar dengan cepat.

2. Belajar dasar-dasar bermain gitar

Berikut ini terbagi menjadi beberapa bagian, mulai dari pengenalan bagian-bagian yang ada pada gitar, posisi memegang gitar, dan cara memetik gitar.

Apabila kamu telah mengetahui bagian-bagian pada gitar, maka hal ini akan memudahkanmu ketika belajar tata cara bermain gitar yang baik.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan bagi Mahasiswa

Lalu, posisi memegang gitar juga wajib kamu pahami. Banyak orang yang asal-asalan saja dalam mengatur posisinya sehingga gitar tidak menghasilkan suara yang bagus.

Kemudian, cara memetik gitar. Nah, hal berikut tidak bisa dilakukan dengan sembarangan juga ya, kamu harus menyesuaikan cara memetik gitar dengan lagu yang kamu pelajari.

3. Belajar kunci dasar

Tidak perlu langsung memaksakan diri untuk memahami semua kunci gitar. Kamu cukup dulu memahami kunci-kunci dasar. Jika kunci dasar saja kurang kamu pahami, maka hal itu akan membuat kamu kesulitan untuk ke level berikutnya.

Terlebih lagi, banyak juga lagu yang hanya memakai kunci dasar. Lagu-lagu tersebut dapat kamu praktikkan ketika kamu telah memahami kunci-kunci dasar.

4. Bertanyalah jika kamu belum mengerti

Kamu tidak mau kan ilmunya stuck di situ-situ saja? Maka bertanyalah kepada seorang yang kamu kenal telah mahir dalam bermain gitar karena dengan bertanya kamu akan semakin paham dan mendapatkan ilmu tambahan.

Baca Juga  Cara mengatasi rasa kepedasan. Ada apa saja?

Contohnya, kamu dapat meminta orang tersebut untuk melihat cara memetik gitarmu, apabila masih kurang tepat maka mintalah orang tersebut mengajarimu.

Ingat, malu bertanya sesat di jalan.

5. Rutin berlatih

Cara terakhir ini dapat menjadi penentu cepat atau lambatnya seseorang dalam belajar gitar secara otodidak. Maka, jika ingin segera bisa bermain gitar teruslah berlatih.

Misalnya, di hari pertama kamu hanya bisa berlatih sekitar 15 menit, maka keesokan hari dan seterusnya kamu juga dapat mengatur waktu belajar gitar sekitar 15 menit atau dapat juga lebih dari waktu yang kamu tentukan.

Buat apa berlatih hingga berjam-jam, tetapi ada hari dimana tanpa latihan gitar. Itu sama saja tidak konsisten.

Belajar gitar jangan hanya niat di awal saja, ya. Tidak hanya belajar gitar saja, belajar apapun itu sangat membutuhkan sikap yang konsisten untuk menjadi bisa.

Semangat, ya.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *