Pilihan Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Pilihan waktu terbaik untuk minum air putih
Pilihan waktu terbaik untuk minum air putih

DEJAVANEWS.COM – Pilihan waktu terbaik untuk minum air putih menjadi hal yang sebenarnya tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengapa dikatakan demikian? Hal ini karena tubuh sangat membutuhkan cairan dalam menjalankan fungsinya.

Sejak zaman dahulu hingga di zaman sekarang pun sepertinya semua orang tua meminta anak-anaknya untuk jangan bermalas-malasan dalam minum air putih karena air putih sangat penting bagi tubuh.

Alasan kuatnya karena hampir 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Ini artinya, kamu sangat dianjurkan untuk peduli mengenai pentingnya air bagi kesehatan tubuh.

Rutin mengonsumsi air putih dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak manfaatnya. Namun, kebanyakan generasi muda cenderung lebih memilih minuman seperti minuman bersoda. Minuman seperti ini terlihat enak dan menyegarkan, tetapi tidak lebih baik daripada air putih.

Baca Juga  Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Beberapa manfaat rutin minum air putih:

  1. Mencegah dehidrasi.
  2. Dapat membantu menurunkan berat badan.
  3. Mempercepat proses sembuh dari sakit.
  4. Melancarkan sistem pencernaan.
  5. Dapat membantu menurunkan berat badan.
  6. Dapat membuat kulit lebih sehat.
  7. Membantu menjaga tekanan darah.
  8. Memelihara fungsi ginjal.

Setelah beberapa manfaat dari rutin mengonsumsi air putih , maka juga penting untuk mengetahui pilihan waktu terbaik untuk mengonsumsi air putih.

Berikut ulasannya:

1. Pagi hari setelah bangun tidur.

Kamu dianjurkan untuk minum setidaknya satu gelas di pagi hari, tepatnya sebelum sikat gigi dan sarapan. Hal ini sangat penting karena ketika bangun di pagi hari tubuh sangat memerlukan cairan untuk menjalankan fungsinya.

Dengan mengonsumsi air putih di pagi hari, maka akan membuat perut lebih terasa nyaman saat hendak sarapan.

Baca Juga  Manfaat Yoga Ternyata Bisa Bantu Diabetes Hingga Penyakit Jantung

2. Sebelum dan setelah makan

Minum air putih sebelum makan dapat membuat seseorang lebih cepat kenyang, sehingga dapat pula membantu seseorang untuk mengatur porsi makan. 30 menit sebelum makan adalah pilihan waktu yang dianjurkan. Kemudian minum satu gelas air putih satu jam setelah makan.

3. Sebelum dan setelah berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan cepat lelah. Maka hal ini sangat penting bagi seseorang untuk minum satu gelas air sebelum berolahraga dan minum kembali setelah berolahraga agar tubuh terhidrasi kembali.

4. Sebelum makan di sore hari

Minumlah satu gelas air putih sejam sebelum menyantap makan malam atau sekitar pukul 18.00.

Baca Juga  Mengurangi Nyeri Haid, Ini Posisi Tidur yang Diusulkan Ahli Kesehatan

5. Sebelum tidur

Jangan lupa mengonsumsi air putih sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk mengisi kembali cairan dalam tubuh setelah beraktivitas seharian dan dapat  membuat tidur lebih nyenyak. Waktu yang terbaik untuk minum air putih adalah sekitar pukul 20.00 atau beberapa jam sebelum tidur.

Setelah mengetahui kegunaan air bagi tubuh, maka sangat penting agar kita mulai membiasakan diri untuk rutin minum air putih.

Nah, sekarang sudah dapat kamu bayangkan penyakit apa saja yang akan menyerangmu ketika bermalas-malasan untuk minum air putih, kan?

Betapa ruginya ketika sehari saja melewatkan minum air putih dalam kehidupan sehari-hari.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *