Pentingnya Memaknai Idul Adha bagi Setiap Umat Muslim

Pentingnya memaknai Idul Adha bagi setiap umat Muslim
Pentingnya memaknai Idul Adha bagi setiap umat Muslim

DEJAVANEWS.COM – Pentingnya memaknai Idul Adha adalah suatu hal yang bisa terus kita renungkan.

Hari raya Idul Adha atau disebut juga dengan hari raya kurban merupakan tradisi atau perayaan hari besar bagi umat Muslim.

Hari raya Idul Adha berbeda dengan hari raya Idul Fitri.

Jika biasanya hari raya Idul Fitri dirayakan dengan adanya beberapa hidangan, mulai dari makanan opor, sambal kentang, dan ketupat.

Selain itu, juga tak lupa dengan pembagian Tunjangan Hari Raya atau singkatnya disebut dengan THR.

Sedangkan hal ini berbeda dengan hari raya Idul Adha.

Pada hari raya Idul Adha biasanya umat Muslim akan merayakannya dengan membeli hewan, seperti sapi, kerbau, ataupun kambing.

Baca Juga  Kerugian Malas Mandi Sore Tidak Hanya Menyebabkan Bau Badan

Kemudian memberikannya pada Masjid sebagai hewan kurban.

Berkurban di sini dianggap sebagai wujud dari cinta dan rasa syukur kepada Allah SWT dengan harapan hidup menjadi lebih berkah.

Selain itu, dengan berkurban juga dapat menumbuhkan rasa peduli satu sama lain dan mempererat silaturahmi terhadap sesama.

Idul Adha terasa istimewa karena mulai dari memberikan atau keikhlasan seseorang untuk memberikan hewan yang dikurbankan, serta bagaimana proses penyembelihan hewan kurban yang dilakukan bersama-sama.

Itulah mengapa, ternyata banyak juga yang menanti-nantikan perayaan Idul Adha karena hanya pada kesempatan inilah kita dapat menyaksikan banyak sapi, kerbau, ataupun kambing yang diikat di pinggir jalan.

Selain itu, juga menjadi ketertarikan sendiri ketika melihat proses penyembelihan hewan kurban meskipun terkadang proses itu dianggap menyeramkan bagi sebagian orang.

Baca Juga  Kondisi Terkini Anak yang Diseruduk Sapi hingga Ditimpa Pagar di Sumut

Selain itu, menjalankan Idul Adha semakin bertambah nikmatnya karena hewan kurban ini akan dibagi-bagikan kepada setiap keluarga yang telah terdaftar.

Pada perayaan Idul Adha selain membagikan kurban kepada umat Muslim, kurban juga dibagi-bagikan kepada nonmuslim.

Hal ini juga mengingatkan kita agar jangan lupa bahwa perayaan Idul Adha di Indonesia juga merupakan perayaan yang diadakan sebagai wujud maupun kegiatan yang dapat menjalin toleransi antar umat beragama.

Oleh karena itu, mari kita menghargai setiap perayaan yang ada di Indonesia serta saling tolong-menolong dan hidup rukun antar umat beragama.

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai pentingnya memaknai Idul Adha.

Semoga Idul Adha yang telah dijalani membawa kita kepada pribadi yang lebih baik lagi, yakni semakin mensyukuri setiap rezeki serta terus menjalin hubungan baik satu dengan yang lainnya.

Baca Juga  Mengajari Anak Bahasa Inggris, Salah Satunya Membacakan Dongeng

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *