Manfaat Tanaman Kelor yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat tanaman kelor yang wajib kamu ketahui
Manfaat tanaman kelor yang wajib kamu ketahui

DEJAVANEWS.COM – Manfaat tanaman kelor sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu manfaat yang ada pada tanaman kelor, yaitu dapat digunakan sebagai pereda cedera.

Tanaman ini biasanya tumbuh di wilayah tropis. Selain itu, tanaman kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman yang sering dijuluki “pohon ajaib” karena tanaman ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Manfaat daun kelor sudah dikenal sejak sekitar ribuan tahun lalu dan biasanya diolah menjadi minuman herbal seperti jamu.

1. Melancarkan produksi ASI

Tanaman kelor sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena ekstrak daun ini mengandung senyawa yang dapat melancarkan produksi ASI.

Oleh karena itu, jika ASI sedang terhambat, maka banyak juga orang-orang mencoba untuk mengkonsumsi daun kelor sebagai alternatif untuk melancarkan produksi ASI.

Baca Juga  Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua. Ada Apa Saja?

2. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat daun kelor adalah adanya kandungan antioksidan dan vitamin yang ada pada daun kelor dapat  menutrisi kulit secara maksimal serta meningkatkan produksi kolagen.

3. Mengontrol tekanan darah

Selain antioksidan, daun kelor juga memiliki kandungan kalium. Kandungan ini yang dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga dapat mencegah risiko hipertensi.

4. Mengobati anemia

Kandungan dalam daun kelor seperti protein, zat besi, dan nutrisi lainnya dipercaya dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Oleh karena itu, salah satu manfaat daun kelor adalah membantu mengobati anemia.

5. Mengatasi gejala mata merah

Salah satu manfaat daun kelor lainnya adalah mengatasi gejala mata merah.

Baca Juga  Model Kebaya Wisuda Modern Tahun 2022

Kandungan yang ada pada daun kelor, yaitu senyawa yang bersifat antiradang dan antimikroba dapat dijadikan salah satu cara untuk mengobati gejala mata merah yang disebabkan oleh alergi maupun infeksi.

Berdasarkan semua manfaat di atas, jika seseorang sedang diwajibkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi daun kelor agar tidak menimbulkan risiko atau efek samping.

Selain itu, kamu dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter apabila ingin mencoba mengonsumsi daun kelor agar kamu mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *