Mengajari Anak Bahasa Inggris, Salah Satunya Membacakan Dongeng

Mengajari anak bahasa Inggris, salah satunya membacakan dongeng
Mengajari anak bahasa Inggris, salah satunya membacakan dongeng

DEJAVANEWS.COM – Mengajari anak bahasa Inggris bisa dengan banyak cara, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda.

Saat ini juga sudah semakin banyak orang tua yang memahami pentingnya pembelajaran bahasa Inggris pada anak. Namun, tidak banyak pula orang tua yang mengetahui cara mengajari anak dalam belajar bahasa Inggris.

Di sisi lainnya, masih belum diketahui usia yang tepat untuk mengajari anak dalam belajar bahasa Inggris, tetapi semua kembali lagi pada orang tuanya. Ada orang tua yang mengajari anaknya sejak anak masih berumur 1 tahun atau lebih.

Begitupun cara tangkap setiap anak itu berbeda-beda. Ada yang cepat tanggap dan ada yang harus perlahan-lahan.

Nah, sebagian orang tua ada yang memilih mengajari anaknya dengan mendaftarkan anak untuk ikut khursus bahasa Inggris, tetapi tidak sedikit pula orang tua yang tidak memiliki cukup biaya untuk itu.

Baca Juga  Kesalahan Dalam Membuat Donat yang Seringkali Terjadi

Oleh karena itu, bagi para orang tua tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk mengajari anak dan anak-anak tetap dapat belajar bahasa Inggris dari rumah, lho.

Berikut ini beberapa cara dalam mengajari anak berbahasa Inggris.

1. Bernyanyi sekaligus mendengarkan lagu anak dalam bahasa Inggris

Cara pertama ini merupakan cara yang paling direkomendasikan bagi para orang tua.

Cara ini dikatakan mudah karena bagi orang tua yang kurang memiliki skill bahasa Inggris bisa sekedar memutar lagu-lagu hingga anak terbiasa mendengarkan bahasa Inggris.

Nah, bagi para orang tua yang bisa berbahasa Inggris juga dapat semakin mengajari anak seperti memperbaiki cara penyebutan kosakatanya.

2. Bermain games

Baca Juga  Apa Saja Prinsip Anak Rantau?

Bermain games biasanya adalah salah satu aktivitas yang digemari banyak anak serta dapat juga sebagai media dalam mengajari anak berbahasa Inggris.

Namun, cara ini juga memiliki dampak negatif, yaitu dapat membuat anak kecanduan dalam bermain games alias tidak ingat waktu serta dapat merusak mata anak lebih cepat.

Apabila para orang tua ingin mengajari anak melalui games, ada baiknya orang tua ikut menemani anak selama bermain games.

3. Menanggapi anak dengan bahasa Inggris

Nah, menanggapi anak tidak perlu dengan kosakata yang langsung berlebihan, bisa saja dimulai dari kosakata yang sederhana, seperti yes atau no atau kosakata yang simpel lainnya.

4. Membaca dongeng sebelum tidur

Baca Juga  Manfaat Tanaman Kelor yang Wajib Kamu Ketahui

Membacakan dongeng pada anak dapat menguatkan daya ingatnya serta membuat anak mempelajari kosakata melalui mendengarkan cerita.

Cara ini juga aman dan tidak memiliki dampak negatif.

5. Memberikan tontonan kartun dalam bahasa Inggris

Menonton juga menjadi kegemaran anak-anak. Oleh karena itu, para orang tua dapat mengatur tontonan anak pada saluran TV khusus kartun yang menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, setelah menonton juga disarankan agar orang tua meminta anak untuk menceritakan kembali alur cerita kartun yang ditonton anak serta memberikan pesan moralnya pada anak.

Nah, itulah cara-cara dalam mengajari anak untuk berbahasa Inggris. Semoga cara di atas dapat diterapkan dengan baik untuk pertumbuhan anak.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *