Pengertian dan Manfaat Minuman Collagen Bagi Kecantikan

Pengertian dan Manfaat Minuman Collagen Bagi Kecantikan

DEJAVANEWS.COM – Pengertian dan manfaat minuman collagen bagi kecantikan. Tubuh dapat menghasilkan kolagen secara alami, namun seiring bertambahnya usia kolagen bisa rusak dan tubuh sulit memproduksi lebih banyak. Akibatnya, banyak orang mencoba asupan suplemen kolagen atau minuman collagen (collagen drink). Apa Anda, tertarik untuk mencoba produk satu ini? Tapi sebelumnya, simak pembahasan lengkap mengenai minuman collagen di artikel ini, ya!

Apa Itu Collagen?

Kolagen adalah protein alami yang terdapat dalam tubuh manusia dan dapat diproduksi secara alami oleh tubuh dengan menggabungkan asam amino sebagai bahan penyusun protein. Untuk memproduksi kolagen, tubuh membutuhkan beberapa kandungan berikut:

  • Glycine: dapat ditemukan pada kulit ayam, gelatin, dan makanan yang kaya sumber protein lainnya
  • Prolin: ditemukan pada susu, jamur, putih telur, kubis, dan asparagus.
  • Vitamin C: terdapat dalam buah seperti jeruk dan paprika.
  • Zinc: ada dalam daging domba, sapi, kerang, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Tembaga: ditemukan dalam jeroan, kacang mete, lentil, biji wijen, dan bubuk kakao.

Jenis Kolagen

Kolagen berperan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan merangsang produksi asam hialuronat (hyaluronic acid). Selain itu, kolagen juga mengandung asam amino yang penting untuk menjaga dan memberi dukungan struktural terhadap jaringan dan otot tubuh.

Kolagen memiliki peran utama sebagai penyedia bahan penyusun untuk bagian tubuh sekaligus membuatnya tetap kenyal dan kuat. Kolagen memiliki tiga jenis dan semua jenisnya dapat membantu jaringan tubuh dalam mempertahankan kekuatan, bentuk, dan elastisitas.

Baca Juga  Cara-cara agar Lebih Produktif dengan Gadget

Selain itu, setiap jenis kolagen juga memiliki fungsi dan sifat yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis kolagen berdasarkan fungsi dan sifatnya.

  • Tipe I: Kolagen tipe I adalah kolagen yang jumlahnya paling banyak, lalu terdiri dari serat padat dan panjang. Kolagen tipe ini dapat ditemukan di gigi, tulang, ligamen, kulit, dan tendon. Kolagen tipe I berfungsi dalam menjaga kekenyalan kulit.
  • Tipe II: Kolagen tipe II memiliki serat yang lebih pendek. Tipe ini dapat ditemukan pada tulang rawan yang membentuk jaringan keras namun tetap fleksibel di bagian tubuh tertentu seperti telinga, hidung, dan sendi. Kolagen tipe II berguna dalam melindungi sendi.
  • Tipe III: Kolagen tipe III dapat ditemukan pada bagian tubuh seperti usus, pembuluh darah, dan kulit. Kolagen tipe III dapat membantu menyembuhkan luka dan pembekuan darah.

Manfaat Minuman Collagen Untuk Kesehatan & Kecantikan

Minuman collagen dibuat untuk membantu dalam meningkatkan kadar kolagen alami pada tubuh dan membantu menghindari efek penipisan kolagen. Tidak hanya itu, collagen drink juga memiliki manfaat lainnya sebagai berikut:

  • Mengurangi kerutan: Wanita yang mengonsumsi collagen selama 12 minggu dapat memiliki kedalaman kerutan yang kurang terlihat jika dibandingkan dengan wanita yang tidak menambah konsumsi kolagen.
  • Kulit terasa kenyal: Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada sekelompok wanita yang minum suplemen kolagen selama delapan minggu, hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kualitas kelembaban dan keremajaan kulit, dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak konsumsi collagen supplement.
  • Meningkatkan produksi kolagen: Dari hasil studi ilmiah, menemukan adanya hubungan antara minum kolagen dengan peningkatan produksi kolagen pada tubuh.
  • Kuku tumbuh lebih baik: Para peneliti mengungkapkan bahwa kelompok yang mengonsumsi suplemen collagen setiap hari, memiliki perkembangan kuku yang lebih panjang, kuku lebih kuat, dan tahan terhadap kerusakan.
  • Meningkatkan protein lain yang berguna untuk kulit: Fibrillin dan elastin berperan penting untuk mengencangkan kulit dan membuat tampilan kulit tampak muda dan sehat. Mengonsumsi kolagen telah dikaitkan dengan peningkatan produksi fibrillin dan elastin.
Baca Juga  Efektif Menurunkan Berat Badan, Olahraga Ini Cocok Untuk yang Sedang Diet

Apa Minuman Collagen Bikin Gemuk?

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah minum kolagen dapat menambah berat badan? Jawabannya adalah tidak. Kolagen tidak dapat menambah berat badan seseorang. Salah satu cara untuk menambah berat badan, yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar.

Sementara kolagen sendiri tidak mengandung kalori berlebihan. Justru ketika seseorang menurunkan berat badan, salah satu konsekuensinya adalah kehilangan massa otot. Dengan berkurangnya massa otot, maka dapat membuat tubuh merasa lebih cepat lelah ketika berolahraga.

Setelah mengalami penurunan berat badan, maka seseorang dapat mengalami kesulitan ketika mempertahankan berat badan yang ada. Hal ini disebabkan karena jaringan otot membakar lebih banyak kalori dibandingkan lemak. Namun, kamu bisa menjaga massa otot dengan mengonsumsi collagen drink atau suplemen kolagen.

Baca Juga  Waw, Wanita Berusia 53 Tahun Ini Memiliki Badan yang Berotot dan Semakin Terlihat Seksi

Kapan Waktu Terbaik Minum Collagen?

Ketika Kawan Mula memutuskan untuk mengonsumsi collagen, wajar saja jika kamu ingin memaksimalkan manfaatnya karena collagen telah terbukti dapat mendukung kesehatan rambut, tulang, sendi, otot, dan kulit.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan baru, ‘kapan waktu terbaik untuk minum collagen?’

Banyak orang percaya bahwa tubuh lebih mampu memecah protein seperti kolagen ketika meminumnya dalam keadaan perut kosong. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengonsumsi collagen di pagi hari sebelum sarapan. Namun, apakah hal ini benar?

Banyak klaim yang beranggapan bahwa konsumsi kolagen di pagi hari ketika perut kosong adalah yang terbaik. Hal ini dikarenakan protein membutuhkan asam lambung untuk penyerapan. Namun sebenarnya, tubuh dapat mencerna protein kapan saja.

Selain itu, pencernaan protein dapat dimulai dari mulut, lalu berlanjut ke perut. Perut ini selalu berada pada pH asam yang dapat membantu mencerna makanan termasuk kolagen.

Oleh karena itu, waktunya tidak terlalu signifikan. Untuk saat ini, bukti ilmiah terkait waktu terbaik untuk minum kolagen masih terbatas. Namun, seperti kebanyakan suplemen, konsistensi merupakan kunci yang tepat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Apakah Minuman Collagen Aman Untuk Ginjal?

Sama seperti bentuk protein lainnya, kamu dapat mengonsumsi kolagen dalam jumlah sedang dalam makanan, tanpa perlu khawatir menyebabkan kerusakan pada ginjal. Collagen dari kulit ikan nila dapat bermanfaat bagi ginjal dan membantu mencegah terjadinya penyakit ginjal. Manfaat kolagen yang melindungi ginjal diyakini berasal dari pengaruhnya pada aktivitas antioksidan yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah pembahasan mengenai kolagen yang penting dipahami sebelum kamu minum collagen drink.

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *