9 Rekomendasi Makanan Sumber Kolin, Tingkatkan Kesehatan Mental

9 Rekomendasi Makanan Sumber Kolin, Baik untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

DEJAVANEWS.COM – Rekomendasi makanan sumber kolin, baik untuk tingkatkan kesehatan mental. Untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang, kolin berperan dalam memperlambat penurunan kognitif. Kolin juga meningkatkan memori dengan menurunkan peradangan melalui penurunan kadar homosistein dan metabolisme lemak yang meningkat.

Rata-rata konsumsi kolin harian adalah 550 mg/hari untuk pria, sedangkan untuk wanita adalah 425 mg/hari. Shivika Seth, konsultan ahli gizi asal India, merekomendasikan lima makanan sumber kolin yang bisa dimasukkan ke pola makan Anda.

  • Kacang Almond

Kaya akan vitamin E, kacang almond juga merupakan sumber riboflavin, zat besi, magnesium dan l-carnitine yang mendukung metabolisme kolin untuk meningkatkan memori dengan mengurangi degenerasi saraf.

  • Labu botol (lauki)
Baca Juga  Apa Manfaat Bawang Putih? Simak 7 Khasiat Kesehatan Ini

Labu botol dikenal sebagai sumber kaya kolin, penyembuh mental dan pendahulu neurotransmitter asetilkolin yang sangat penting untuk mempertahankan serta meningkatkan memori di antara semua sayuran yang dikenal hingga saat ini.

  • Wheatgrass

Wheatgrass mengandung vitamin K plus kolin, yang terkenal untuk mendukung pertumbuhan sel otak, menjaga sel bekerja secara teratur, dan baik untuk kesehatan metanl. Kolin yang ditemukan berlimpah di wheatgrass mendukung hati untuk tetap vital dan dalam kondisi yang baik dengan menutup timbunan lemak.

  • Quinoa

Berbicara tentang biji-bijian, tidak dapat disangkal bahwa quinoa adalah salah satu makanan super yang merupakan sumber protein nabati lengkap yang sangat baik termasuk 43 mg kolin per 1 cangkir yang dimasak.

  • Biji Bunga Matahari
Baca Juga  Makanan Khas Korea yang Wajib Dicoba, Serasa di Korea Langsung

Biji bunga matahari mengandung kolin yang menjadikannya prima untuk sintesis struktur seluler yang sehat dari neurotransmitter asetilkolin otak dan pengembangan memori. Satu sendok teh porsi biji matahari ukuran kecil mengandung 275mg kolin.

  • Cokelat

Ternyata, 28 gram cokelat memiliki kandungan 20 mg kolin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Moms bisa memenuhi berkreasi mengolah cokelat ke dalam beragam kudapan manis ekstra lezat. Selain rasa yang lezat pastinya dapat tingkatkan kesehatan mental anak anak loh bund. Sangat menyenangkan, bukan?

  • Hati Sapi

Hati sapi merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kolin, mencapai 423 mg di setiap 140 gramnya. Syaratnya, hati sapi ini harus benar-benar segar dan berkualitas, serta dimasak hingga matang sempurna untuk memastikan bakteri berbahaya yang ada di dalamnya mati.

  • Kuning Telur
Baca Juga  Rambut yang Lurus Alami Biasanya Dambaan. Apa Rahasianya?

Satu butir kuning telur yang telah dimasak mengandung 115 mg kolin. Dalam satu hari, Moms bisa mengonsumsi 1 hingga 5 kuning telur yang telah diolah menjadi berbagai santapan lezat. Ingat ya Moms, pastikan memasak kuning telur hingga benar-benar matang untuk mencegah bakteri salmonela masuk ke dalam tubuh Anda.

  • Seafood

Aneka hewan laut seperti ikan, udang, kerang, dan kepiting ini juga mengandung asupan kolin yang bisa melengkapi nutrisi. Rasa seafood yang sangat lezat pasti membuat Anda ketagihan saat menyantapnya!

(dejavanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *